Home / EDUKASI / SDN Unggulan Monginsidi I Fokus Menuju Adiwiyata Nasional

SDN Unggulan Monginsidi I Fokus Menuju Adiwiyata Nasional

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Memasuki lingkungan Sekolah Dasar Negeri Unggulan Monginsidi I, Jalan WR Monginsidi no.13, Kota Makassar, nampak berbagai macam tanaman hias dan tanaman Toga di sepanjang halaman dan pelataran kelas, baik yang digantung maupun terletak rapi di pot menambah keasrian dan keteduhan mata yang memandang.

SD Negeri peraih Penghargaan Adiwiyata tingkat kota Makassar ini terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi dan fokus meraih predikat Adiwiyata Mandiri dan Nasional.

Ditemui di ruangannya, Senin (25/9/2017), Kepala Sekolah, Dra Hj Ajawaty menjelaskan, “Fokus kami adalah mencapai Adiwiyata Nasional dan menjadikan SDN Monginsidi I, menjadi sekolah ramah lingkungan, asri dan nyaman.”

Penataan ramah lingkungan massif dilakukan oleh wanita yang telah 18 tahun menjadi Kepsek ini, mulai dari penataan tanaman di lingkungan sekolah, pemeliharaan lingkungan, pengadaan IPAL dan Bank Sampah, penekanan biaya ATK, Listrik serta pembayaran PDAM,

“Kami melakukan penghematan pengeluaran sekolah dengan menekan biaya Listrik dari 2 juta menjadi 1 juta rupiah dan air bersih sekarang sudah disediakan penampungan. Penghematan ATK juga sekarang diterapkan, untuk penggunaan kertas harus lebih diperhatikan untuk hal yang dianggap perlu.

Usaha Sekolah yang meliputi Bank Sampah dan pembuatan Pupuk Kompos juga menjadi pemasukan yang membantu Sekolah dalam menalangi pengeluaran jika dana BOS terlambat cair dari Dinas. Jelas mantan kepala SDI Maccini Baru, Makassar.

“Adiwiyata itu bukan sekedar penataan fisik sekolah tetapi bagaimana membuka kesadaran manusianya dan memperlakukan lingkungan sekitar kita sebagai sahabat, mulai dari tahap awal hingga menjaga kelestariannya.” tutupnya. (Ilham)

Check Also

Ketua Prodi Sipil UMI Raih Gelar ASEAN Engineering di Singapura

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM – Ketua prodi Sipil UMI, Dr.Ir.Andi Alifuddin ST. MT. IPM dinyatakan lulus meraih …

Loading...