Home / PERISTIWA / Eksekusi Bangunan PK5 Tetap Berjalan Walau Dihalau Warga

Eksekusi Bangunan PK5 Tetap Berjalan Walau Dihalau Warga

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Penertiban Bangunan di atas lahan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel jalan Urip Sumoharjo diwarnai aksi penolakan oleh pemilik salah satu bangunan, Sabtu siang kemarin (25/11/2017).

Pembongkaran bangunan tersebut dilakukan setelah dilayangkan surat peringatan oleh Pemprov kepada 32 pemilik bangunan untuk segera membongkar bangunannya namun, ada 6 bangunan yang enggan, sehingga dilakukan aksi penertiban oleh Satuan Pamong Praja Prov. Sulsel.

Kepala Satuan Pamong Praja (PP) Provinsi Sulsel, Mujiono, menjelaskan, “Sebelumnya pemprov Sulsel telah memberikan surat peringatan selama 90 Hari, sejak tanggal 10 Agustus 2017, kemudian 10 hari sebelum eksekusi kembali kami turun menghimbau warga untuk segera membongkar bangunannya.”

Baca Juga : Pipink Ingatkan Pemprov Terkait Pakasi dan Insentif Guru Honorer SMA/SMK

Namun ada 6 bangunan yang tidak mengindahkan surat peringatan tersebut dan berkeras tetap bertahan.

Mujiono mengakui penertiban ini dilakukan selama dua hari sejak Jumat lalu (24/11/17), sebagian warga telah bersedia membongkar sendiri bangunannya sedangkan hari ini anggota satpol PP terpaksa turun menggunakan alat berat Eskapator, karena 6 bangunan tersebut merupakan bangunan semi permanen.

Ditempat berbeda pihak kuasa hukum Warga PK5, Muhammad Nasir, yang juga Pimpinan Lembaga Anti Penyalahgunaan Jabatan, mengecam keras tindakan pemerintah karena menurutnya warga yang tinggal disana memiliki ijin, bahkan salah satu warga memiliki alas hak berupa rinci.

“Tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah hari ini sangat tidak manusiawi. Saya akan perkarakan hal ini ke Pengadilan karena kami punya alas hak berupa Rinci,” Pungkasnya.

Walaupun sempat menuai ketegangan antara satpol PP dan warga namun tidak berlangsung lama, pembongkaran 32 bangunan di atas tanah milik Pemprov Sulsel Jalan Urip Sumoharjo berlangsung aman dan tanpa kendala. (Ilham)

Check Also

Penertiban Parkir di Toko Agung Diwarnai Insiden Adu Jotos

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Penertiban kendaraan yang dilakukan oleh Tim gabungan penanganan kemacetan terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub) …

Loading...