Home / POLITIK / Kodim 1405 dan Kejaksaan Negeri Parepare bersama Panwaslu Gelar Dialog Bahas Undang Undang tentang Pilkada dan Pers

Kodim 1405 dan Kejaksaan Negeri Parepare bersama Panwaslu Gelar Dialog Bahas Undang Undang tentang Pilkada dan Pers

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.com — Dandim 1405/Mlts, Letkol Arm Adi Hamsyah, S.I.P bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kota Parepare, DR.Reskiana Damayanti,SH,MH dan Panwaslu Parepare menggelar dialog menyoal undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah dan undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 80 orang diantaranya para panitia, pengawas Pemilu, para pengusung dari masing-masing Parpol, personel Kodim 1405/Mlts, jurnalis Kota Parepare, Mahasiswa Umi dan Umpar, digelar di Aula Kodim 1405/Mlts Jl. Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Rabu (7/2/2018).

Dalam sambutannya Kajari Kota Parepare, DR. Reskiana Damayanti, SH,MH, meminta agar seluruh komponen bersinergi mendukung kegiatan Pemilu.

”Sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilukada marilah kita bersinergi untuk mendukung kegiatan Pemilu, dan kami meminta kepada Anggota TNI untuk mendukung kegiatan tersebut agar berjalan dengan aman,” pintanya.

Kita berharap, tambah Reskiana, pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang diharapkan Indonesia.

Sementara itu pemaparan delik-delik dalam undang-undang tindak pidana Pemilu disampaikan oleh Bapak idil, SH.MH, Kasi Pidum Kejari Kota Parepare.

Tak ketinggalan Dandim 1405/Mlts sesuai fungsinya memaparkan netralitas yang harus dipegang teguh oleh anggota TNI dalam menghadapi Pemilu.

“Perintah Panglima TNI, Semua Prajurit TNI dan ASN harus netral dalam pelaksanaan Pilkada. Kami akan menetralisir tempat-tempat yang rawan dalam menghadapi Pilkada supaya kegiatan tersebut akan menjadi aman,” beber Dandim.

Dandim juga menguraikan bagaimana TNI mengamankan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

“Kita punya dua wilayah Kota Parepare. Untuk Pilwalkot dan Pilgub kita siapkan 1 SSK sebanyak 247 personel dan di Kabupaten Barru untuk pengamanan Pilgub disiapkan 1 Peleton, sebanyak 31 personel,” ungkapnya.

Dandim 1405 menambahkan, menjamin pihak TNI akan menjaga netralitas mengawal pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Netralitas TNI itu harga mati, jika ada anggota saya yang tidak menjaga netralitas, perintah tegas Bapak Panglima TNI sudah jelas, langsung kita cut,” tegasnya.

Pada kesempatan berikutnya para peserta dialog mendengarkan pemaparan tentang peranan media dalam menghadapi Pilwalkot terkait kode etik jurnalis oleh pemateri, Sdri. Darwiati Dalle, jurnalis media Koran Sindo, yang dilanjutkan dengan kegiatan dialog dan tanya jawab.

(HI/pendim 1405)

Check Also

Demi Korban Bencana Sulteng dan NTB, ARA Beli Baju Yang Ditandatangani Sandiaga Uno

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Ahad (4/11/2018), bertempat di Jalan Lanto Dg. Pasewang, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) …

Loading...