Home / INSTITUSI / Wajib Pajak Semakin Dimanjakan Dengan Layanan Terobosan Baru Bapenda Sulsel

Wajib Pajak Semakin Dimanjakan Dengan Layanan Terobosan Baru Bapenda Sulsel

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel, menggelar Sosialisasi Pajak Daerah UPTD pendapatan wilayah Makassar II, bersama Anggota Komisi C DPRD Sulsel Alex Palinggi, Paur STNK Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel, AKP H. Darwis, SE dan Jasa Raharja Makassar, di Hotel Grand Asia, Makassar, Rabu (7/2/2018).

Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan samsat di Makassar bahwa membayar pajak tepat waktu sangat penting. Program terbaru yang dibuat Bapenda Sulsel adalah pajak kendaraan bermotor (PKB) sudah dapat dibayar enam bulan sebelum jatuh tempo.

“Pelanggan samsat biasanya ada yang ingin membawa kendaraannya keluar Sulsel  dalam waktu lama, sekarang mereka sudah dapat membayar PKB enam bulan sebelum jatuh tempo,” kata Kepala Bapenda Provinsi Sulsel Drs H. Tautoto TR, M.Si, di depan peserta sosialisasi yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, Organda, dialer kendaraan, dan masyarakat umum.

Ditempat sama, Kepala UPT Pendapatan Wilayah Makassar II Utara, H. Reza Faizal Saleh, M.SiM, yang menjadi memandu acara ini mengungkapkan bahwa layanan unggulan samsat dibuat untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Menurutnya, Bapenda Sulsel telah melakukan banyak terobosan untuk memanjakan wajib pajak di Sulsel. Karenanya tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor.

Salah satu layanan terbaru yang dibuat Bapenda Sulsel adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) nontunai melalui ATM dan kartu debit menggunakan EDC.

Selain pembayaran nontunai, terobosan lainnya antara lain samsat keliling, samsat delivery, pelayanan e-samsat di Bank Sulselbar, info pajak via sms dan twitter, penagihan door to door, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Bapenda Kota Makassar Diminta Tegas dan Transparan

Bapenda Sulsel juga memberikan insentif bea balik nama kendaraan baru (BBNKB) sebesar 20 persen untuk pembelian kendaraan baru. Dengan pemberian subsidi ini, BBNKB di Sulsel menjadi 10 persen yang sebelumnya sebesar 12,5 persen.

“Dengan BBNKB sebesar 10 persen, artinya harga kendaraan di Jakarta sudah sama dengan kendaraan di Makassar, jadi tidak perlu lagi membeli kendaraan baru di Jakarta, cukup membeli kendaraan di Makassar,” Ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sulsel, Alex Palinggi, menilai sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pajak yang dikelola oleh Samsat atau Bapenda Sulsel.
“Kami sangat mendukung 100 persen kegiatan ini, karena terobosan yang dilakukan oleh Bapenda Sulsel sangat membantu masyarakat untuk senantiasa membayar pajak.” Pungkasnya. (Ilham)

Check Also

Ekspose Hasil Penelitian Geospasial Kawasan Tambak dan Launching Aplikasi SIPETAK

PINRANG, KORANMAKASSARNEWS.COM — Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros kembali …

Loading...