Home / SEJARAH / 11 Februari 660 SM : Hari Pendirian Jepang Tradisional oleh Kaisar Jimmu Tenno

11 Februari 660 SM : Hari Pendirian Jepang Tradisional oleh Kaisar Jimmu Tenno

KORANMAKASSARNEWS.COM — Hari Pembentukan Negara (建国記念の日 Kenkoku kinen no hi?, Hari untuk memperingati pendirian negara) adalah hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 11 Februari. Hari libur ini memperingati peristiwa Kaisar Jimmu naik tahta berdasarkan catatan Nihon Shoki dan Kojiki yang menurut perhitungan kalender solar terjadi 11 Februari 660 SM.

Kaisar Jimmu (神武天皇 Jimmu Tennō?) (711 SM – 585 SM) adalah kaisar Jepang yang pertama, bertahta dari tahun 1 bulan 1 hari 1 (bulan 2 hari 11 660 SM) hingga tahun 76 bulan 3 hari 11 era Kaisar Jimmu). Nama kaisar ini sama dengan nama kaisar Jepang pertama seperti dikisahkan dalam mitologi Jepang menurut Kojiki dan Nihon Shoki.

Tanggal Kaisar Jimmu naik tahta sekarang diperingati setiap 11 Februari sebagai Hari Pembentukan Negara dan sebelum Perang Dunia II peringatan ini disebut Kigensetsu (hari Kaisar Jimmu naik tahta).

Kaisar Jimmu dilahirkan dari ayah bernama Ugaya Fukiaezu, dan ibu bernama Tamayoribime.

Kaisar Jimmu adalah putra ke-4 menurut teks Kojiki serta Nihon Shoki jilid 1, 2, dan 4, tetapi pada jilid 3 dikisahkan sebagai putra ke-3. Selain itu, kedua literatur ini juga tidak menyebutkan tanggal dan tahun lahir.

Kekaisaran Yamato diperkirakan berdiri sekitar abad ke-3 hingga abad ke-4 Masehi, dan sejarawan memperkirakan Kaisar Jimmu tidak berasal dari sebelum Masehi. Walaupun demikian, tradisi di luar bidang ilmu menetapkan Kaisar Jimmu naik tahta pada tahun 660 SM dan berkuasa selama 75 tahun sebelum wafat di usia 126 tahun pada 585 SM.

Hari Pembentukan Negara ditetapkan dengan revisi undang-undang hari libur Jepang (Shukujitsu-hō) tahun 1966 dan mulai berlaku sebagai hari libur resmi pada 11 Februari 1967. Berbeda dengan hari libur resmi lain yang tanggalnya ditetapkan dengan undang-undang hari libur, tanggal Hari Pembentukan Negara ditetapkan kemudian dengan Instruksi Kabinet No. 376 tahun 1966.

Hari libur ini dulunya dirayakan sebagai Kigensetsu hingga menjelang Perang Dunia II. Sekitar tahun 1951 mulai ada usaha menghidupkan kembali Kigensetsu, tetapi rancangan undang-undang yang diajukan sebanyak 9 kali sejak tahun 1957 gagal disahkan Parlemen Jepang. Di bulan Juni 1966, Hari Pembentukan Negara akhirnya berhasil disahkan sebagai hari libur dengan syarat tanggalnya akan ditetapkan kemudian dengan Instruksi Kabinet.

Penentuan tanggal dilakukan Kantor Perdana Menteri Jepang dengan bantuan kalangan ilmuwan. Dari 10 orang yang hadir dalam rapat, 7 orang sepakat dengan tanggal 11 Februari sebagai Hari Pembentukan Negara. Hasil kesepakatan diajukan pada tanggal 8 Desember 1966 dan keesokan harinya 9 Desember 1966 dijadikan Instruksi Kabinet. (sumber : wikipedia)

Check Also

Tanggal 22 Agustus 1945 : Sejarah Terbentuknya Badan Keamanan Rakyat

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Badan Keamanan Rakyat (atau biasa disingkat BKR) adalah suatu badan yang dibentuk untuk melakukan tugas pemeliharaan …

Loading...