Home / PERISTIWA / Penetapan Calon, Panitia KPU Parepare Halangi Wartawan Meliput

Penetapan Calon, Panitia KPU Parepare Halangi Wartawan Meliput

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.COM — Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare yang berlangsung diruang Media Center KPU Parepare, sangat tertutup dan membatasi pengambilan gambar untuk jurnalis yang telah mendapatkan kartu peliputan khusus yang dikeluarkan oleh KPU Parepare.

Hal ini menimbulkan insiden walk out yang dilakukan puluhan jurnalis Parepare. Sikap panitia yang dinilai menghalangi kerja-kerja jurnalis, disesalkan. Pasalnya, sikap panitia dianggap membatasi jurnalis mengambil gambar pada moment tersebut, senin (12/2/2018).

Salah satu jurnalis, Amir mengatakan sikap panitia sangat merugikan jurnalis karena kami harus kehilangan kesempatan mengabadikan moment penting dalam tahapan pilwalkot tersebut. Kami (jurnalis) hanya dibolehkan mengambil gambar dari balik pintu kaca ruangan Media Center KPU Parepare.

Sementara semua media memiliki standar gambar untuk bisa dipublikasikan. Saya sangat menyayangkan sikap panitia di KPU Kota Parepare, kami mau ambil gambar, sementara ruang yang diberi terbatas. Minta izin pun tidak diberi. Sementara jurnalis televisi butuh gambar video, harusnya ada space yang disiapkan minimal di belakang atau di samping ruangan. Tapi itu tidak diberi.

Baca Juga : Gelar Jalan Sehat, KPU Parepare Ajak Masyarakat Mari Berpilkada Yang Berbudaya dan Bermartabat

Sedangkan salah seorang jurnalis MNC Group, Abdillah mengatakan pada pelaksanan penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota, sedangkan pihak pengamanan terlalu over protective, sehingga menimbulkan kesan bahwa dalam tahapan pelaksanaan Pilkada di Parepare, ada yang perlu dikhawatirkan, lagian teman-teman jurnalis tidak pernah bikin kegaduhan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Mestinya memang dikomunikasikan sebelumnya, menurutku ini sudah bentuk menghalang-halangi tugas Jurnalis dalam peliputan,

“Publik berhak tau apa yang terjadi pada saat penetapan calon, bukan malah menutup pintu rapat-rapat pada saat teman-teman Jurnalis mau menjalankan tugas jurnalistiknya. Saya kira-kira teman-teman sangat paham akan ketrbatasan ruangan, tapi kan bisa diatur secara tekhnis, bagimana caranya agar teman-teman bisa mengabadikan kegiatan penetapan calon yang berlangsung di ruang media center KPU tersebut, ” tutur Abdillah.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada konfirmasi dari Pihak KPU Parepare. (Sis)

Check Also

Refleksi 73 Tahun Kemerdekaan RI, LMND Harus Jadi Pelopor Gerakan Mahasiswa

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com — Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Eksekutltif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk …

Loading...