Home / PERISTIWA / Puluhan Mahasiswa Duduki Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel

Puluhan Mahasiswa Duduki Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Puluhan massa yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Peduli Lingkungan Sulsel (APMPL) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor dinas kehutanan Prov. Sulsel Jln Baji Minasa, Makassar, senin (12/01/18).

Aksi tersebut di pimpin Jendral Lapangan Ilhamsyah, dia menuturkan dalam orasinya bahwa aksi ini adalah aksi prakondisi terkait berbagai persoalan di ruang lingkup kehutanan di sulsel.

“Dalam aksi kali ini kami mengangkat issu dugaan kesalahan penganggaran belanja bahan/bibit tanaman sebesar Rp 1.023.042.500,00 dengan realisasi sebesar Rp 892.753.300,00 atau sebesar 87,26% pada Dinas Kehutanan Prov. Sulsel APBN TA 2015 yang terindikasi adanya tindak pidana korupsi”, teriak Ilham dalam orasinya.

Faisal Mappasomba salah seorang pengunras menambahkan bukan hanya dugaan korupsi tapi kami menilai Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel tidak serius dalam meningkatkan sumber daya hutan, bayangkan hutan semakin sempit sementara kegiatan penanaman pohon setiap tahun di lakukan di hampir seluruh daerah di Sulsel, pertanyaannya kenapa hutan semakin sempit ?

Baca Juga : Unjuk Rasa Aliansi Pemuda Anti Narkotika Minta Kapolri Copot Kapolda Sulsel

“Dalam penganggaran bibit tanaman kehutanan ada beberapa laporan warga terjadi pemungutan biaya oleh oknum liar pada saat pembagian bibit tanaman yang seharusnya di bagi secara gratis, bukan hanya itu penanaman pohon juga banyak terjadi hanya di lakukan penanaman pohon dan tidak di lakukan perawata maksimal sehingga mengakibatkan tanaman mati begitu saja”, papar Anwar Ta’le salah seorang orator aksi.

“Kami sangat menyesalkan hal ini, Jika hal ini terus di biarkan maka kampanye-kampanye mengenai global worming hanya sebatas kampanye tanpa realisasi serius, hari ini pertarungan kita adalah bagaimana melawan para perusak lingkungan demi Lingkungan Lestari, namun jika hal-hal seperti penjelasan orator sebelumnya terjadi, yang seharusnya menjadi bidang profesional untuk meningkatkan sumber daya hutan malah mejadi lawan dari tugas sendiri maka akan seperti apa bumi kita di masa yang akan datang, maka saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memerangi siapapun yang menjadi perusak lingkungan, Kita Jadikan Musuh Bersama,” sambung Anwar.

Usai berorasi para pengunras ini di terima langsung oleh Sekretaris Dinas Kehutanan Syahrir, karena Kepala Dinas Kehutanan sedang mendampingi Gubernur Sulsel dalam acara ulang tahun kabupaten Takalar.

Syahrir menyampaikan bahwa tuntutan massa aksi akan di teruskan untuk mejadi bahan pertimbangan dalam agenda kerja kedepannya dan akan menyampaikan data penanaman pohon beserta hasil yang di dapatkan sejak tahun 2010-2018 setelah semua rampung sesuai dengan tuntutan massa aksi. (Wisnu)

Check Also

Refleksi 73 Tahun Kemerdekaan RI, LMND Harus Jadi Pelopor Gerakan Mahasiswa

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com — Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Eksekutltif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk …

Loading...