Home / INSPIRASI/BIOGRAFI / Risqullah Amar, Sosok Anak Prajurit Kodim Majene Raih Prestasi Nasional

Risqullah Amar, Sosok Anak Prajurit Kodim Majene Raih Prestasi Nasional

MAJENE, KORANMAKASSARNEWS.COM — Muhammad Risqullah Ammar, Siswa kelas XII MIPA di SMAN 2 Majene, Sulawesi Barat. Kelahiran Makassar, 13 Februari 2001, adalah anak kedua dari pasangan Mayor Arm Syafaruddin dan Ibu Aminah. Putranya sangat di kenal baik di lingkungan sekolahnya dengan berbagai macam prestasi yang di miliki.

Prestasipun diraih Mulai dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional. Risqullah Ammar mengenyam pendidikan di Majene karena ikut bersama ayahnya yang ditugaskan sebagai Kasdim 1401 Majene sejak tahun 2015 lalu. Sejak duduk di bangku SMA, seiring waktu bakatnya mulai terlihat yaitu di bidang Leadership (Kepemimpinan).

Sejak kelas X, dia mengikuti Pelatihan Pendidikan Karakter SMA/Sederajat Se-Sulawesi Barat yang dilaksakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulbar di ikuti oleh 100 orang siswa dan berhasil menyabet predikat Peserta Terbaik V.

Melangkah ke kelas XI, prestasinya mulai meningkat dengan di daulat sebagai Duta Generasi Hijau Provinsi Sulawesi Barat dengan prestasi Juara III pemilihan Duta Anti Narkoba Kabupaten Majene yang dilaksakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Majene. Kemudian Juara III Lomba Cerdas Cermat Lalu lintas yang diselenggarakan oleh POLRES majene, dan juga dia berhasil lolos seleksi Paskibraka Kabupaten Majene pada tahun 2016 lalu.

Keaktifan berorganisasi dan sikap ramah membuatnya terpilih menjadi Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 2 Majene periode 2016-2017 yang tugasnya untuk membantu dan mengawasi kinerja OSIS.

Di tingkat terakhir, kelas XII, dengan proses seleksi yang panjang dia berhasil menjadi delegasi Sulawesi Barat pada kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Bogor.

Baca Juga : Pangdam : Sepanjang Tahun 2017, Kodam XIV Hasanuddin Berhasil Raih Prestasi

Kawah Kepemimpinan Pelajar ini di ikuti oleh 250 Pelajar terbaik Se-Indonesia tingkat SMA yang bertujuan untuk membentuk pemimpin masa depan bangsa yang berkarakter dan patriotik. Berkat dukungan dan doa dari keluarga dan orang tua, Risqullah Ammar berhasil mendapat award sebagai Peserta Terbaik II Kawah Kepemimpinan Pelajar Tingkat Nasional.

Usai mengikuti Kawah Kepemimpinan Pelajar berlalu, Risqullah Ammar kembali menjadi delegasi Provinsi Sulawesi barat setelah dinyatakan lulus seleksi dari 6.866 pendaftar pada kegiatan Parlemen Remaja Tingkat SMA/SMK/MA Se- Indonesia yang di saring menjadi 136 putra putri tebaik Bangsa. Parlemen Remaja tingkat Nasional ini di selenggarakan di Jakarta oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI). Risqullah Ammar berhasil menyabet predikat “Peserta Terbaik I ” Se- Indonesia.

Selanjutnya, Rencana pada bulan agustus 2018, Risqullah Ammar kembali di Undang oleh DPR RI sebagai tamu terhormat untuk menghadiri Pidato Kenegaraan Presiden Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2018 di gedung DPR RI dan juga di undang untuk menghadiri Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara bersama insan cendekiawan Se- Indonesia.

Risqullah Ammar sendiri bercita-cita untuk menjadi seorang abdi negara seperti ayahnya dan juga ingin seperti kakaknya yaitu Ziaurahman yang sekarang sudah sarjana kedokteran. Keinginannya menggabungkan dua profesi yakni profesi Bapak dan kakaknya ini menjadi seorang Dokter Militer.

(Penrem 142/Tatag)

Check Also

Inspirasi dari Hotel Prodeo, Dari Penjara ke Dakwah

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com — Bagi saya, penjara adalah sebuah inspirasi tentang ide-ide cemerlang. Dan penjara tak …

Loading...