Home / SEJARAH / 11 April 1919 : Organisasi Buruh Internasional Didirikan

11 April 1919 : Organisasi Buruh Internasional Didirikan

KORANMAKASSARNEWS.COM — Sejarah 11 April berkaitan dengan organisasi buruh internasional atau yang dikenal International Labour Organisation (ILO). Pada tanggal 11 April 1919 ILO didirikan sebagai bagian dari perjanjian Versailles yang merupakan bentuk kesepakatan akhir dari Perang Dunia Pertama dan sekarang merupakan organisasi yang berdiri di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Organisasi Buruh Internasional ini sendiri merupakan bagian dari PBB yang berupaya mendorong terciptanya peluang bagi perempuan dan laki-laki untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan produktif secara bebas, adil, aman dan bermartabat. ILO sendiri didirikan memiliki tujuan utama untuk mempromosikan hak-hak di tempat kerja, mendorong terciptanya peluang kerja yang layak, meningkatkan perlindungan sosial serta dialog untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan dunia kerja.

Hingga saat ini semenjak berakhirnya Perang Dunia Kedua, semakin banyak negara yang menjadi anggota ILO sehingga makin banyaknya program-program bantuan teknis untuk meningkatkan keahlian dan memberikan bantuan kepada pemerintah, pekerja dan pengusaha seluruh dunia, terutama bantuan ILO mengenai hak-hak serikat pekerja. (http://mondayreview.com dan berbagai sumber)

Check Also

20 Oktober 1964 : Sekretariat Bersama Golongan Karya (Golkar) Berdiri

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Pada tahun 1964 untuk menghadapi kekuatan PKI (dan Bung Karno), golongan militer, khususnya …

Loading...