Home / EKOBIS / Melihat Geliat Usaha Kecil Menengah Di Stanley Market Hongkong

Melihat Geliat Usaha Kecil Menengah Di Stanley Market Hongkong

HONGKONG, KORANMAKASSARNEWS.COM — Pasar rakyat sejatinya menjadi penggerak utama ekonomi masyarakat kecil dengan geliat bisnis para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Sayangnya di tanah air menjamurnya pasar modern membuat masyarakat mulai jarang berbelanja di pasar tradisional. Kesan kumuh dan kuno sehingga banyak yang enggan ke pasar tradisional.

Namun, di luar negeri beberapa pasar tradisional di luar negeri justru menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan menjadi target saat kunjungan.

Stanley market Hongkong adalah contoh pasar tradisional yang bisa eksis.Saya yang mengunjungi pasar tradisional “Stanley Market” Minggu kemarin (15/4/18) dapat melihat dominasi pelaku UKM yang bisa berdampingan dengan Stanley Plaza,mall unik yang lebih modern dan high-class.

Pasar ini terletak di sebuah desa kuno di Stanley di pantai selatan Pulau Hong Kong. Kesuksesannya tak lepas dari kerjasama yang baik penduduk lokal,ekspatriat dan wisatawan. Pasar Stanley adalah pilihan wisatawan berburu pakaian bermerek, aksesoris, perhiasan, perabotan rumah, souvenir, ornamen dan pernak-pernik khas oriental yang dijual dengan harga murah.

Baca Juga : Pemerintah Desa Madello Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Industri Rumah Tangga

Pasarnya bersih dengan jalur lorong atau gang yang indah.Meskipun lapak lapak dengan lorong yang sempit, tapi menariknya tiap lapak (permanen) dilengkapi AC jadi pengunjung tetap merasa adem.Lokasi pantai yang dekat pantai menjadikan pasar ini makin terkenal,dengan suasana sepanjang jalan banyak cafe dan resto.

Stanley Market konon sebelum diduduki oleh pasukan Inggris ini dikenal sebagai pasar ikan. Saat ini, pasar tersebut bertransformasi menjadi pasar lokal yang sangat terkenal.

Sebagai surga belanja,kompleks pasar Stanley merupakan tipe pasar tradisional khas Hong Kong dengan konsep kios di ruang terbuka dimana pembeli diperkenankan melakukan proses tawar menawar dengan para penjualnya.

Semoga semakin banyak pasar tradisional di dalam negeri yang bisa eksis dan mencontoh kesuksesan pasar di luar negeri.

Citizen reporter,
Bahrul ulum
Melaporkan dari Hongkong

Facebook Comments

Check Also

Informasi Terkini Penerbangan Lion Air, Batik Air dan Wings Air

  Lion Air Group berkomitmen dalam memenuhi serta menjalankan seluruh aturan yang telah ditetapkan, demi …

Loading...