Home / EDUKASI / Rektor Resmi Launching Pesantren Mahasiswa, Stakeholder Umpar Wajib Dukung

Rektor Resmi Launching Pesantren Mahasiswa, Stakeholder Umpar Wajib Dukung

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.com — Upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari khusus dalam lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) terus digelorakan.

Terbukti sejak Senin (16/4/2018), Prof Dr.H.Muhammad Siri Dangnga,MS melauching program Pembinaan ke-Islaman yang akan menjadi projek Unggulan Universitas Muhammadiyah Parepare.

“ini program unggulan dalam pembinaan keislaman dan kemuhammadiyahan lingkup Umpar, agar mahasiswa dan alumninya memiliki ciri khas, minimal bisa tertib shalat, fasih membaca dan menghafal al Qur’an, dan ibadah serta akhlak keseharian, ungkap Rektor Umpar ini.

Masih kata Muhammad Siri, Pesantren ini berbeda dengan Pesmaba yang dilalui mahasiswa saat masuk pertama kalinya di Umpar ini, itu hanya pengenalan sekaligus orientasi kampus, kalau ini lain, spesifik untuk pendalaman. Karenanya mahasiswa akan diasramakan selama 2 Pekan di Rusunawa, tidak dipungut biaya, kecuali untuk biaya menginap.

Jadwal materi, lanjutnya, dimulai magrib berjamaah dilanjutkan dua kuliah oleh kiyai sampai jam 10 malam, peserta isterahat atau mengerjakan tugas kuliahnya. Pukul 03.30 peserta bangun shalat lail berjamaah, lanjut shalat subuh dan materi sampai pkl 7.00 wita.

“Jadi program ini tidak menggangu jadwal kuliah mahasiswa, tetapi Insya Allah akan mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat yang akan dijadikan bekal untuk masa yang akan datang. Apalagi didampingi oleh para kiyai yang kualifikasi keilmuan yang hebat, ada professor, Doktor dan Megister di bidang Aqidah, Akhlak, Ibadah, dan Qiraah Qur’an,” ungkapnya.

Peserta Pesantren Mahasiswa tahun ini diwajibkan ikut dari semester dua dan setelah mengikuti kegiatan ini kalau dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat lulus dan ini menjadi syarat ikut ujian kompetensi al Islam dan kemuhammadiyahan sebelum ujian proposal kelak.

“Lokasi Kegiatan di pusatkan di masdjid KH.Muhammad Sanusi Maggu Rusunawa Umpar. Ini program unggulan, semua pihak diUmpar wajib mendukung, baik BPH, Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas, Ketua Lembaga harus aktif mendukung program yang kami canangkan ini untuk mewujudkan visi Umpar yang Islami,” tegas Rektor yang dikenal sangat bijak ini. (sfl)

Check Also

Peringati HUT RI ke-73, SDN Monginsidi II Gelar Porseni

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, SD Kompleks Monginsidi menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan …

Loading...