Home / EDUKASI / Peserta PMP XXI Ciptakan APLUS Pada Fakultas Teknik UNM

Peserta PMP XXI Ciptakan APLUS Pada Fakultas Teknik UNM

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Salah satu kelompok yang telah mengikuti Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) yang ke-21 di STIE Amkop menciptakan aplikasi untuk memperkenalkan kampus orange khususnya pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Ketua Kelompok Ismail, mengungkapkan, bahwa Fakultas Teknik memiliki 7 jurusan yang tersebar di wilayah Fakultas Teknik. Untuk menunjang proses perkuliahan, Fakultas Teknik memiliki gedung perpustakaan, laboratorium, dan gedung perkuliahan yang tersebar di setiap jurusan diantaranya, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Otomotif, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, dan Pendidikan Teknologi Pertanian.

“ Fakultas Teknik memiliki 7 jurusan lengkap dengan fasilitasnya, setiap mahasiswa seharusnya mengetahui tentang informasi dosen dan pemetaan serta alur pengurusan adminstrasi seperti pengurusan surat aktif kuliah, alur pengurusan skripsi, informasi beasiswa dan prosedur penurunan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Sedangkan informasi yang diberikan pada laman resmi Fakultas Teknik tidak sesuai dengan buku panduan. Pemetaan informasi wilayah Fakultas Teknik memiliki masalah yang sama, dikarenakan pemetaan kampus seharusnya dapat dilihat setiap jurusan yang berada di Fakultas Teknik”, ujar Ismail, selasa (17/4/18).

Baca Juga : Peserta PMP XXI Gelar Seminar Proposal

“Faktanya tidak ada peta yang disiapkan sehingga mahasiswa tidak memiliki informasi mengenai pemetaan Fakultas Teknik padahal hal ini penting untuk kemudahan mahasiswa dalam mencari sebuah informasi. Itulah kenapa kami membuat suatu apliksai pengenalan kampus berbasis android”, sambungnya.

Salah seorang staff dari Fakultas Teknik mengatakan bahwa penelitian ini sangat bagus untuk kemajuan fakultas teknik. “Dengan adanya APLUS tidak ada lagi alasan kurangnya informasi kepada mahasiswa. Karena teknologi tersebut dapat memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi yang benar dan lengkap”, serunya.

Sementara itu Anwar, sebagai mentor kelompok ini berharap agar APLUS tidak hanya untuk Fakultas Teknik tetapi untuk seluruh fakultas yang ada di kampus Orange.

“Saya berharap, APLUS ini tidak hanya untuk fakultas Teknik, tetapi semua fakultas yang ada di Universitas Negeri Makassar dapat tercakup di dalamnya, karena aplikasi ini dapat memberikan informasi dengan data yang benar dan lengkap serta memberikan kemudahan karena aplikasi berbasis Android”, kata Anwar. (*)

Check Also

Perbedaan Politik Uang dan Cost Politik Menurut Zulkifli Thahir

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Kontestasi Pemilihan wakil rakyat di negara ini sebentar lagi berlangsung, khususnya Pemilihan Presiden (Pilpres) …

Loading...