Home / NASIONAL/INTERNASIONAL / Kota Medan Menjadi Tuan Rumah Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018

Kota Medan Menjadi Tuan Rumah Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018

MEDAN, KORANMAKASSARNEWS.COM — Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin. S, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Dr Ir Siti Nurbaya Bakar Msc, karena telah mempercayakan Kota Medan menjadi tuan Rumah Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018

Apalagi dalam acara peringatan yang di rancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi manusia akan bumi, menteri LHK juga me-launching Medan Zero Warte City 2020. melalui launching yang dilakukan tersebut, ibukota Provinsi Sumatera Utara ini diharapkan bersih dari sampah di tahun 2020.

Setiap harinya kota Medan yang memiliki luas sekitar 26.000 hektar ini menghasilkan sampah sebanyak 2.500-3.000 ton. Pengelolaan sampah selama ini dilakukan secara kovensional. Artinya sampah yang ada diangkut dan di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Oleh karenanya selain cara konvesional, Walikota juga ingin pengelolaan sampah di Kota Medan dilakukan dengan menggunakan teknologi. Selain mengatasi masalah sampah, juga menghasilkan energi terbarukan. Walikota yakin penggunaan teknologi dalam pengelolaan sampah tentunya sangat mendukung terwujudnya Medan Zero Waste City 2020.

Baca Juga : 20 April 1970 : Hari Bumi Diperingati Pertama Kalinya

Guna mewujudkan hal itu, Walikota mengaku perlu dukungan pemerintah pusat. Oleh karenanya kehadiran Menteri LHK ini dalam peringatan Hari Bumi di Lapangan Merdeka. Diharapkan dapat menyahuti keinginan tersebut sekaligus menjadikan Kota Medan sebagai Pilot Project Penanggulangan Sampah di Indonesia.

Walikota pun optimis apa yang menjadi keinginan Pemko Medan ini, tentunya mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari WALHI Sumut maupun komunitas pecinta sungai yang ada. Selain membersihkan sungai dan bantaran sungai dari sampah, Walikota pun yakin mereka akan membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk hidup bersih dan tidak membuang sampah ke dalam sungai. (*)

Check Also

Presiden Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tower Universitas Muhammadiyah Lamongan

LAMONGAN, KORANMAKASSARNEWS.COM– Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 November 2018, meresmikan perubahan status sejumlah perguruan …

Loading...