Home / EDUKASI / Momentum Hardiknas 2 Mei 2018, Ini seruan Ketua Rumah Intelektual Muda

Momentum Hardiknas 2 Mei 2018, Ini seruan Ketua Rumah Intelektual Muda

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.com — Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh pada 2 Mei setiap tahunnya. Lembaga Kepemudaan Rumah Intelektual Muda (RIM) berharap momentum ini menjadi alternatif prioritas membangun kualitas pendidikan Indonesia.

Ketua Rumah Intelektual Muda (RIM), Ukhy’ Sukirman mengatakan, peringatan Hardiknas dari tahun ke tahun dilaksanakan baik secara formal maupun non formal, lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang harapannya sama yaitu ingin melahirkan jawaban dari setiap permasalahan yang ada untuk membangun bangsa lebih baik pada sektor pendidikan.

“Pendidikan merupakan kunci atas segalanya dalam melahirkan sumber daya manusia yang maju dan cerdas yang bertujuan di masa akan datang terciptanya pemimpin yang berintegritas, Amanah, Religius dan Visioner,” katanya kepada koranmakassarnews.com, Sabtu (28/4/2018).

baca juga : Mahasiswa UMI Peringati AMARAH di Monumen Mandala

Ukhy mengajak semua pihak terutama pemerintah untuk mengejar ketertinggalan pendidikan di Indonesia dan khususnya para generasi muda untuk sama-sama peduli memajukan pendidikan. Salah satu caranya peran pemerintah harus massif pada persoalan ini dan pemuda harus ambil bagian solusi pada ketimpangan ini membantu pemerintah memajukan pendidikan.

Dia mengatakan, pemerintah harus berbenah dan generasi muda punya potensi maksimal mari kita berdayakan dengan kekaryaan membangun dunia pendidikan secara terukur dan terarah.

Mantan Kepala sekolah Komunitas Peduli Anak Jalanan Makassar (KPAJ) ini menjelaskan; “Kondisi ketertinggalan pendidikan di Indonesia ini sangatlah miris tidak boleh kita diamkan begitu saja. Semua warga negara harus turun tangan khususnya pula generasi muda.”

Ukhy melanjutkan, masalah krusial pendidikan selain ketertinggalan kualitas menjadi fakta miris kondisi realitas hari ini, pun dengan masih biasa terjadi kekerasan dalam dunia pendidikan, Pungli dan pendidikan tidak merata dalam hal masih banyak usia anak sekolah yang tak mengenyam dunia pendidikan akibat perekonomian lemah.

“Pemerintah harus serius mengatasi permasalahan ini jangan lebih banyak slogan dan agenda ceremonial saja namun jawaban sesungguhnya tak menghadirkan solusi kongkret. Momentum Hardiknas ini mari jadikan agenda perjuangan bersama mengupayakan pendidikan kita makin baik. Mari kita kerja bersama karena ini merupakan tanggung jawab moral kemanusiaan untuk sama-sama bergerak,” ajak Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia ini.

Menurutnya, tantangan-tantangan yang ada sebenarnya tidak rumit bila pemegang struktur kebangsaan menangani secara serius. Kemendikbud, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov, Kepala Dinas Kota/Kabupaten, Para Kepala sekolah, dan guru serta pemuda ambil bagian pada tugas mulia ini untuk memajukan pendidikan agar bangsa kita terus berdaulat dan menjadi bangsa yang kuat dan cendekiawan.

“Semoga Hari Pendidikan 2 Mei 2018 ini menjadi sebuah refleksi yang nyata perbaikan kondisi pendidikan kita hari ini menuju pendidikan yang berkualitas,” tutup Ukhy..

Sekadar diketahui Organisasi kepemudaan Rumah Intelektual Muda (RIM) selain konsentrasi menumbuhkan jiwa kepemimpinan anak muda, Fokus pula pada agenda sosial kemanusiaan dan agenda perbaikan dunia pendidikan Indonesia. (*)

Check Also

Peringati HUT RI ke-73, SDN Monginsidi II Gelar Porseni

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, SD Kompleks Monginsidi menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan …

Loading...