Home / NEWS / 6 Mei 1851 : Penyejuk Udara Karya John Gorrie Dipatenkan

6 Mei 1851 : Penyejuk Udara Karya John Gorrie Dipatenkan

KORANMAKASSARNEWS.COM — Tahukah Anda bahwa cikal bakal penemuan pendingin udara sudah mulai Nampak dan diciptakan oleh bangsa Mesir kuno. Saat itu mereka menemukan cara untuk mengurangi suhu udara dalam ruangan dengan menggantung kain basah di depan pintu. Prinsip sederhananya adalah dengan kain tersebut bisa mengurangi suhu ruangan dan menambah kelembapan udara. Bangsa lain yang selangkah lebih maju dari Mesir Kuno dalam hal pendinginan udara adalah bangsa Roma. Mereka membangun saluran-saluran yang memuat udara bersih dan sejuk dan dialirkan ke rumah-rumah warga.

Pada 1758, seorang birokrat Amerika Benjamin Franklin dan rekannya John Handley dari Universitas Cambridge mulai membuat desain dan bereksperimen tentang pendingin udara. Mereka menemukan fakta bahwa pada proses pendinginan zat-zat tertentu berperan dalam mendinginkan ruangan.

Mereka mencoba mendinginkan zat merkuri untuk mengetahui apakah mungkin membuat pendingin ruangan. Percobaan tersebut membuka lebar kemungkinan bahwa usaha mereka berhasil. Sayangnya usaha mereka gagal karena pada 1820 Michael Faraday asal Inggris juga bereksperimen dengan hal yang serupa dengan membuat gas ammonia yang dicairkan lalu membuatnya menyublim dan berhasil membuat ruangan mendingin.

Ide tentang pendingin udara rupanya tidak begitu popular karena baru dikembangkan oleh John Gorrie seorang peneliti Amerika yang menciptakan alat untuk mendinginkan ruangan bagi pasien demam. Mesin tersebut menggunakan udara yang diberi tekanan serta air untuk membuat system pendingin ruangan. Karya yang dipatenkan pada tanggal 6 Mei tahun 1851 ini membuat nama Gorrie melambung.

Lima puluh satu tahun kemudian pada 1902 Willis Carrier berhasil membuat system untuk mendinginkan kantornya di New York. Setahun kemudian ia berhasil membuat penyempurnaan pendingin ruangan dengan menggunakan es batu sebanyak 108.000 pon setiap hari sebagai pendingin ruangan.

Pada tahun yang sama Stuart Camer membuat system yang seupa dengan Carrier namun bisa dibilang Camer lah yang pertama menyebut istilah Air Conditioning/ AC pada temuannya. Tahun – tahun berikutnya AC masih digunakan secara terbatas dalam pabrik-pabrik besar dan gudang yang membutuhkan suhu khusus.
Barulah pada 1914 diperkenalkan penggunaan AC pada rumah-rumah warga Amerika. Charles Gates tercatat sebagai pengguna AC pertama di Amerika ketika memasangnya di puri mewah miliknya. Tahun 1950-an sepertinya tahun-tahun kegemilangan bagi pendingin ruangan karena penggunaannya yang meluas di masyarakat.

(sumber : http://www.hariansejarah.id)

Check Also

Harkitnas Harus Menjadi Penggerak Lahirnya Politik yang Bermartabat

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Hari minggu kemarin tanggal 20 Mei 2018 diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. …

Loading...