Home / NEWS / Hexpharm Jaya Gelar HJ Learning Forum dengan Tema “Clinic Management Talk”

Hexpharm Jaya Gelar HJ Learning Forum dengan Tema “Clinic Management Talk”

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — PT Hexpharm Jaya (HJ) yang merupakan anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menyelengarakan HJ Learning Forum (HJLF) dengan tema “Clinic Management Talk”. Acara yang diselenggarakan di room Jasmine Hall Hotel Grand Clarion, Minggu (06/05/18) pagi tadi.

Kegiatan HJ Learning Forum Clinic Management Talk dihadiri dokter-dokter spesialis diantaranya Dr. Muhammad Ichsan Mustari (Ketua IDI Sulawesi Selatan), Bonny M. Anom (Marketing Manager PT Hexpharm Jaya), Feri (Product Manager), Dr. Amzar Akil (Alumni Fak. Kedokteran Unhas Makassar), dr. Hadarati Razak, M.Kes. (Pasien Safety), Janes Andik (Welcom Speech by Hexpharm Jaya), dr. Andik Nikmawaty (Tata Kelola Klinik Swasta di Era JKN), dr. Daeng M. Faqih. SH MH (Ketua PB IDI Pusat Jakarta), Hidayat Nasruddin, SKM (Staf pengelola fasilitas kesehatan tingkat pertama) dan dr. Arif Santoso (Continuing Medical Education) serta 150 dokter umum dan spesialis se-Sulawesi Selatan.

Kegiatan edukasi ini dibuka oleh Dr. Muhammad Ichsan Mustari menjadi selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia Sulawesi Selatan dan Bonny M. Anom selaku Marketing Manager PT Hexpharm Jaya. Dalam HJ Learning Forum
ini Dr. Muhammad Ichsan Mustari menjadi salah satu pembicara utama yang membahas bagaimana managemen klinik dan rumah sakit yang baik di Era JKN. Pembicara lainnya adalah drg. Unting Patri Wicaksono Pribadi selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Makassar yang akan menyampaikan perkembangan dan tantangan BPJS kedepan.

“HJ Learning Forum ini dilakukan dengan tujuan agar para Dokter dapat memahami management klinik terutama klinik pratama agar dapat mendukung program pemerintah (JKN), kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Hexpharm Jaya dalam meningkatkan Indonesia yang lebih sehat sesuai dengan misi Hexpharm Jaya, ” ujar Bonny M. Anom selaku Marketing Manager PT Hexpharm Jaya.

Layanan primer yang berkenbang sedemikian pesat sejalan dengan adanya Program pemerintah. W No. 24 Tahun 2011 tentang warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Sehingga pada tahun 2019 mendatang, setiap warga Indonesia wajib memiliki BPJS oleh karena itu ketersediaan Faskes l dibutuhkan seiring dengan peningkatan jumlah peserta BPJS. Hal ini perlu diperhatikan klinik sebagai Faskes I adalah Ketersediaan sarana dan prasarana, aspek penanganan yang praktis, cepat dan mumpuni.

Baca Juga : Forum Pekerja Media Buka Posko Pengaduan BPJS

Program JKN mendapat respon yang cukup positif dari masyarakat, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya peserta BPJS yang semakin banyak dipenhi oleh pekerja swasta, sehingga pola pelayanan klinik yang menyajikan layanan waktu antara pagi sampai malam (24 jam) merupakan pilihan masa depan peserta BPJS. Hanya saja para dokter per lu dibekali kemampuan manajemen klinik agar mampu mengelola klinik. Selama ini dokter dilatih untuk
menangani kasus kasus klinik tetapi bukan mengelola secara organisasi klinik. Ini merupakan tantangan dokter untuk suskes di Era JK,” jelas Dr.Muhammad Ichsan Mustari.

“Program JKN yang telah memasuki tahun ke-lina ini telah memiliki jumlah peserta lebih dari 175 juta warga. Dengan bertambahnya peserta BPJS. diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi. Dengan begitu HJ Learning Forum diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas klinik di Indonesia,” tambah Bonny M. Anom.

HJLF secara konsisten sudah di laksanakan sejak tahun lalu di enam kota, untuk tahun ini HJLF akan diselenggarakan di delapan kota yaitu Banjarmasin, Makassar, Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Medan, Yogyakarta dan Lampung. Forum ini diharapkan dapat menjadi sarana pertemuan dalam berbagi ilmu dan pengalaman mengenai klinik dan pengetahuan medis. (*)

Check Also

Kebakaran Lagi, Lima Rumah Dilalap Api di Tallo

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Kebakaran terjadi lagi, kembali wilayah kelurahan Ujung Pandang Baru, Kecamatan Tallo kota Makassar dilalap …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.