Home / BALAIKOTA / Bapenda Gencar Sosialisasi, Diharapkan Wajib Pajak Penuhi Ketepatan Waktu dan Nilai Pajak

Bapenda Gencar Sosialisasi, Diharapkan Wajib Pajak Penuhi Ketepatan Waktu dan Nilai Pajak

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Bapenda kota Makassar kembali melaksanakan sosialosasi kepatuhan wajib pajak Minerba, di Hotel Asyira Makassar, Rabu (9/5/2018). Dihadiri oleh pembicara dari perwakilan Kejaksaan Negeri Makassar, dengan melibatkan Wajib pajak Mineral bukan logam dan batu (Minerba) sekota Makassar,

Gencarnya sosialisasi yang digelar Bapenda kota Makassar diakui oleh Kabid Pajak I dan retribusi Daerah Bapenda kota Makassar, Ibrahim Akkas sebagai kegiatan rutin yang menjadi bagian dari strategi Bapenda Makassar untuk mendekatkan wajib pajak sehingga informasi regulasi dan kebijakan sampai kepada masyarakat.

“Kita berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman dan membuka kesadaran wajib pajak. Dengan sampainya informasi terkait regulasi dan kebijakan ini akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak, sehingga pendapat daerah juga meningkat.”

Jika dilihat dari jenis pajak ada beberapa yang berkontribusi besar terhadap pendapatan asli daerah seperti BPHTB, PBB, Pajak Restoran dan BPJ

Ibrahim mengakui realisasi pajak terkendala pada ketepatan waktu dan nilai pajak,

Baca Juga : Marak Reklame Penghasut Jelang Pilwali, Kepala Bapenda Makassar Minta Polisi Cari Pelakunya

“Pembayaran Pajak ini ada dua sistem Self Assessment dan sistem Official, pada sistem Official setiap wajib pajak telah ditentukan nilai pajaknya, terkadang mereka tidak tepat waktu membayar pajak, sementara di Sistem Self Assessment itu Wajib pajak menghitung sendiri nilai pajaknya, kendalanya adalah tingkat kejujuran wajib pajak masih minim.

Ibrahim berharap dengan adanya sosialisasi ini wajib pajak bisa patuh membayarkan pajaknya bukan sekedar ingin membayar pajak namun sudah terkait dengan tepat waktu dan tepat nilai.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh wajib pajak agar langsung membayar pajaknya ditempat tempat yang sudah ditentukan tanpa menggunakan perantara calo.” Pungkasnya.

Realisasi pajak Bapenda Makassar pada awal Mei 2018 di semua sektor pajak, sudah mencapai sekitar Rp.50 Miliyar dengan persentase 24,23 Persen dari target Rp.1.119.000.000.000,- . Dibanding target tahun lalu, Rp. 1.086.000.000,- ada kenaikan sekitar 10 persen. (Ilho)

Check Also

Jalin Silaturahim BPM Buka Puasa Bersama RT/RW dan LPM se-Kota Makassar

MAKASSAR, KORANMAKASSAR.com—Bagian Pemberdayaan Masayarakat (BPM) Sekretariat Pemerintah kota Makassar menggelar buka puasa, bersama pengurus LPM, …

Loading...