Home / NEWS / Lantamal VI Bersama PDGI Cab. Makassar Gelar Sikat Gigi Massal

Lantamal VI Bersama PDGI Cab. Makassar Gelar Sikat Gigi Massal

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM —Memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2018 (World Oral Health Day), Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Makassar mengadakan kegiatan “Sikat Gigi Massal” dengan tema “Dengan Senyum Sehat, Siap Mendukung Semangat Jiwa Kebaharian”, Rabu, (09/05/18) di Dermaga Layang Lantamal VI Makassar,

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Komandan Lantamal VI Makassar, Laksma TNI Dwi Sulaksono yang melibatkan 1500 siswa dari 10 sekolah dasar di daerah pesisir kota Makassar, yang sebagian besar merupakan anak-anak nelayan.

Dalam sambutannya Danlantamal VI Makassar menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dipilihnya Mako lantamal VI sebagai tempat dalam pelaksanaan kegiatan yang berskala besar dan bernuansa sosial serta kebaharian, yang dimotori oleh TNI AL dalam hal ini Lantamal VI bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Makassar.

Dia juga sampaikan bahwa selain kegiatan gigi massal, acara ini juga dirangkai dengan kegiatan yang bernuansa kemaritiman diantaranya kegiatan gemar makan ikan, lanjut Danlantamal VI

Lebih lanjut Danlantamal VI menambahkan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menurunkan prevalensi karies gigi pada anak, menumbuhkan kesadaran anak menyikat gigi terutama malam hari, serta mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak untuk gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan.

Menurut Ketua Panitia, Mayor Laut (K/W) drg. Lusy Damayanti, Sp.KGA, kegiatan ini telah dimulai sebulan sebelumnya yaitu pemeriksaan kesehatan gigi dan penyuluhan mengenai cara menyikat gigi serta waktu yang tepat untuk menyikat gigi di sekolah masing-masing. Diharapkan kegiatan ini dapat menurunkan prevalensi karies gigi pada anak, serta menumbuhkan kesadaran anak untuk menyikat gigi secara teratur, terutama pada malam hari.

Baca Juga : Jalanestri Sambut HUT ke 71 Dengan Lomba Bersama dan Olahraga

Selain sikat gigi massal, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan bernuansa kemaritiman di antaranya kegiatan Gemar Makan Ikan. Tujuannya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak untuk gemar makan ikan.

Kegiatan ini ditutup dengan pelayaran bersama perwakilan dari siswa sekolah dasar didampingi dokter-dokter gigi di atas Kapal Perang “Melalui kegiatan ini, kami berharap akan menumbuhkan semangat kebaharian bagi anak-anak sekolah, “ ujar Ketua Panitia.

Turut hadir dalam kegiatan ini , Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman M.Tr (Han), Para Asisten Danlantamal VI, Para Kadis dan Kasatker Lantamal VI, Plt Walikota Makassar Syamsu Rizal MI, para pejabat PDGI Cabang Makassar, serta segenap Panitia pelaksana peringatan WOHD tahun 2018 dan sejumlah undangan.(*/ibm)

Check Also

Sebanyak 4.125 Ekor Ayam Mati dalam Penerbangan Jakarta-Makassar

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Sedikitnya 4.125 ekor anak ayam kampung Day Old Cicken (DOC) mati dalam penerbangan …

Loading...