Home / BALAIKOTA / Nielma : Urus KTP dan KK Jangan Pakai Calo Bisa Rugi Dua Kali
kadisdukcapil Kota Makassar

Nielma : Urus KTP dan KK Jangan Pakai Calo Bisa Rugi Dua Kali

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Untuk peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil bagi warga Makassar, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Makassar, Nielma Palamba kembali menghimbau kepada masyarakat agar segera melengkapi dokumen kependudukannya, terutama e-KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Selama ini Disdukcapil Makassar telah memberikan kemudahan kepada warga dengan membuka pelayanan baik di kantor Disdukcapil Jalan Teduh Bersinar maupun di setiap kecamatan se kota Makassar. Selain itu petugas juga turun menjemput bola ke wilayah kelurahan dengan pelayanan ‘Kupas tas’.

“Jadi tidak ada alasan bagi warga untuk tidak melakukan perekaman e-KTP.” Ujar Nielma kepada Koranmakassarnews.com, Rabu (9/5/2018).

Terkait maraknya isu pungli yang dilakukan oleh oknum ‘calo’ mengatas namakan Disdukcapil, Nielma menekankan bahwa semua tindakan tersebut tidak dibenarkan dan mengharapkan masyarakat datang sendiri untuk pengurusan tersebut,

Baca Juga : Diakhir Bulan Januari Ini, Disdukcapil Makassar Diserang Warga

“Bagi Masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukannya sebaiknya langsung datang sendiri tanpa menggunakan perantara (jasa calo) ke kantor Disdukcapil atau Kecamatan, karena sekarang sudah Zero Retribus (nol biaya) tidak ada biaya sepersen pun untuk pengurusan, baik itu KTP, KK, Akte Kelahiran, maupun dokumen lainnya yang berhubungan dengan Kependudukan.”

Jika ada warga yang menggunakan jasa calo bisa rugi dua kali karena sangat beresiko gagal, selain datanya tidak valid juga dipungut biaya.

Nielma menegaskan akan menindak tegas staf Disdukcapil jika kedapatan melakukan pungli, “Jika ada keluhan warga terkait pungli yang dilakukan staf Disdukcapil maka saya siap bertanggung jawab dan pasti oknum tersebut akan diberi sanksi, asalkan itu benar dan jelas terbukti.” Tegasnya.

Setiap harinya Disdukcapil menerima sekitar 800 berkas pengurusan dokumen kependudukan, Pembuatan KK dan KTP tidak memerlukan waktu yang lama, tergantung ada-tidaknya blangko yang tersedia. Sesuai UU Nomor 24 Tahun 2013 pasal 79A menyebutkan bahwa pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan (KK, KTP-el, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak dll) tidak dipungut biaya atau gratis. (Ilho)

Check Also

Pj. Gubernur dan Wali Kota Makassar Salat Ied Bersama di Lapangan Karebosi

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.