Home / PERISTIWA / Gempar Desak Kapolda Copot Dirlantas Polda Sulsel dan Kapolres Bulukumba

Gempar Desak Kapolda Copot Dirlantas Polda Sulsel dan Kapolres Bulukumba

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pembaharu (Gempar) melakukan aksi unjukrasa di Jalan AP. Pettarani tepat di depan kantor Dirlantas Polda Sul-Sel Kota Makassar, Selasa (15/5/18) sore tadi.

Aksi mahasiswa mendesak Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono untuk mencopot Direktur Lalulintas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto adalah diduga buntut atas kasus penganiayaan yang dilakukan anggota Polantas Polres Bulukumba terhadap salah seorang pelajar.

Desakan ini tentunya bukan tanpa alasan, lemahnya pengawasan Dirlantas Polda Sulsel kepada anggota jajaran Polisi Lalulintas di Polda Sulsel, salah satunya adalah terjadinya dugaan penganiyaan yang dilakukan oknum Polantas Polres Bulukumba terhadap salah seorang pelajar di Kota Bulukumba kata Andi Amrul.

“Penganiayaan yang dilakukan oleh Oknum Polantas di Bulukumba sebagai salah satu contoh lemahnya pengawasan Dirlantas, karena tindakan ini tentunya tidak diatur dalam Standard Operating Procedure (SOP) Lalulintas, ” kata Andi Amrul dalam orasinya.

Tindakan oknum Polantas Polres Bulukumba tentunya menambah catatan buruk bagi aparat kepolisian, pasalnya, Polisi sebagai pengayom, pelindung dan pelayanan masyarakat berbanding terbalik dengan realita dilapangan dimana oknum tersebut tidak melakukan penindakan namun melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap seorang pelajar.

Baca Juga : Dirlantas Polda Sulsel Gelar Lomba Video Berlalu Lintas 2018

“Tindakan ini tentunya sangat berlebihan, kalau korban melanggar ya kenapa tidak ditindak, justru melakukan penganiayaan. Olehnya itu kami minta Kapolda Sulsel copot Dirlantas, “Jelas Andi Amrul.

Tak hanya Dirlantas Polda Sulsel, puluhan mahasiswa ini juga meminta kepada Kapolda Sulsel untuk ikut mencopot Kapolres Bulukumba, AKBP M Anggi Naulifar Siregar karena dinilai kurang tegas dalam menindaki anggota yang diduga melakukan pelanggaran.

“Selain penganiayaan terhadap pelajar, pernah juga ada korban hingga meregang nyawa pada Operasi Zebra 2017 lalu yang diduga juga adalah korban penganiayaan yang dilakukan oleh anggota Polantas di Bulukumba. Ini menunjukan Kapolres Bulukumba tidak pernah tegas terhadap bawahannya sehingga kejadian serupa terulang lagi, ” jelas Amrul .

Dari pantauan di lapangan , aksi demonstrasi ini dilakukan dengan menggunakan mobil PickUp Hitam dengan Nopol DD 8383 YS sebagai mimbar orasi dan soundsystem. Tak hanya itu, Para Mahsiswa membentangkan spanduk yang berisi tuntutannya. Dan mereka berjanji akan kembali melakukan aksi demonstrasi dengan massa lebih banyak lagi jika tuntutannya tidak terpenuhi.

Untuk diketahui beberapa kejadian yang melibatkan oknum anggota Polantas Polres Bulukumba diantaranya korban meninggal bernama Zainal. Dimana pada Sabtu (4/11/2017) lalu anggota Lantas Polres Bulukumba sedang mengadakan operasi zebra di Jl Poros Kalumeme-Ujung Bulu. Zainal meninggal diduga setelah terkena Handy Talky (HT) milik Bripka Anwar.

Selanjutnya pada pada Kamis, (3/5/2018) Aiptu Abdul Kahar berteman yang merupakan anggota Polantas Polres Bulukumba diduga melakukan penganiayaan terhadap AA (18) siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pepabri Bulukumba. Pada saat itu AA bersama pelajar lainnya melakukan konvoi kelulusan ujian sekolah tiba-tiba dihadang oleh pelaku berteman yang berjumlah tiga sepeda motor masing-masing dua sepeda motor Patroli (BM) dan sepeda motor matic dan langsung melakukan penganiayaan dengan memukul dan menendang korban.

Bahkan, selain melakukan penganiayaan terhadap korban, salah satu dari anggota Polantas tersebut menyiramkan bensin ke bagian muka korban. Atas kejadian tersebut, korban mengalami luka-luka pada bagian siku tangan kiri luka lecet, dan rasa sakit pada bagian belakang pundak sebelah kiri yang berujung pada laporan ke Propam Polres Bulukumba. (Bur/Wis)

Check Also

Refleksi 73 Tahun Kemerdekaan RI, LMND Harus Jadi Pelopor Gerakan Mahasiswa

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com — Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Eksekutltif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.