Home / EDUKASI / LPK Smart Makassar Bekali Soft Skills Pada Anak Panti Asuhan

LPK Smart Makassar Bekali Soft Skills Pada Anak Panti Asuhan

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Smart Makassar menggelar pelatihan bagi anak panti asuhan, 28-29 Mei 2018 bertempat di Aula Dinas Koperasi dan UKM Sulsel.

Pelatihan diikuti sebanyak 60 anak yang berasal dari panti asuhan Muslim Pancasila dan panti asuhan kasih Ibu Makassar.

Ketua LPK Smart Makassar, Musdalifa mengatakan, pelatihan yang dilakukan ini selain dalam rangka semarak Ramadhan, juga bertujuan agar anak yatim dapat dibekali keterampilan hard skill maupun soft skill sehingga mereka dewasa bisa mandiri dan mengembangkan usaha sendiri.

Sebagai lembaga yang baru berdiri, pihaknya terus melakukan beragam program dalam mentransformasikan pengetahuan dan keterampilan bagi generasi muda

“Selama dua hari anak panti asuhan kami bekali keterampilan soft skills untuk pembentukan karakter, selanjutnya nanti setelah ramadhan akan dibekali lagi dengan pelatihan praktis untuk berwirausaha”ujarnya disela-sela kegiatan pelatihan.

Baca Juga : Bedah Buku “Pesona Sang Jomblo” di Bazaar Diskop-PLUT Sulsel

Ketua bidang pelatihan LPK Smart, Nazlah mengatakan, dipilihnya pelatihan soft skill bagi anak yatim ini karena fakta membuktikan prestasi akademik yang tinggi tidak serta merta menjadikan seorang anak sukses di masa depan.

“Kajian para ahli menunjukkan penyebab kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan keterampilan teknis (hard skill), tetapi oleh keterampilan mengelola diri dan orang lain.

Bahkan, banyak survei mengungkapkan bahwa kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% dengan hard skill dan sisanya 80% dengan soft skill, urainya.

Dalam pelatihan ini nampak anak-anak panti asuhan sangat senang mengikuti pelatihan. Sambil bermain, mereka belajar mengenal potensi dirinya, menuliskan cita-cita yang terukur dan bekerjasama dengan orang lain.

“pendekatan pelatihannya melalui simulasi dan permainan agar anak dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas,” tambah Nazlah. (*)

Check Also

Wakasad : Generasi Muda Harus Jadi Agent Of Change dan Entrepreneur Berwawasan Kebangsaan

MAGELANG, KORANMAKASSARNEWS.com — Guna menghadapi kompetisi global yang penuh dengan tantangan generasi muda diharapkan mampu …

Loading...