Home / RELIGI / Meski Baru Setahun Berdiri, Ponpes An Nur Sudah Menghasilkan Santri Penghafal Qur’an

Meski Baru Setahun Berdiri, Ponpes An Nur Sudah Menghasilkan Santri Penghafal Qur’an

MAROS, KORANMAKASSARNEWS.com — Beberapa tahun lalu Tompobulu, Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros tidak banyak disebut orang. Namun keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfiz An Nur yang berdiri pada April 2017 telah merubah segalanya.

Ponpes yang berkomitmen mencetak penghafal Qur’an ini cukup diminati. Santri dari luar Tompobulu berdatangan guna menimba ilmu. Mereka disebut sebagai santri mukim. Selain itu, ada pula santri yang berasal dari sekitar wilayah Ponpes yang disebut sebagai santri tempatan.

Ustadz Abu Thoriq selaku Kepala Ponpes Tahfiz An Nur Tompobulu, bersyukur dengan antusias masyarakat yang menjadikan pondok ini sebagai pilihan anak-anaknya. Baik tingkat Taman Kanak-kanak/Taman Pendidikan Alquran (TK/TPA), maupun pada jenjang yang lebih tinggi.

”Meski baru setahun, sudah ada puluhan santri yang kita bina di Pondok Tahfiz An Nur ini. Sekarang mereka ada yang sudah menghafal 10 juz, 3 juz dan 2 juz,” terang Abu Thoriq, kepada koranmakassarnews.com Kamis (31/5/2018).

baca juga : Ketua Harian Alumni Ponpes Gombara Didukung Pemuda Biringkanaya di Pilcaleg

Dari jumlah itu, menurut Ustadz yang juga aktif dalam wadah Jama’ah Tabligh di Sulsel ini, ada dua di antaranya yang terpilih menjadi imam untuk shalat tarawih. Mereka tinggal di wilayah Tompobulu.

Di bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri, santri mukim diliburkan. Mereka diberi waktu untuk kembali berkumpul dengan orang tua masing-masing. Tentu ada misi dan pesan bagi para santri tersebut ketika berada di tengah-tengah masyarakat.

”Santri kembali dulu ke orang tuanya. Kita harapkan mereka berhikmat kepada orang tua dan umat. sekaligus memberi contoh ahlak terbaik untuk masyarakat, terutama para sebayanya,” kata Abu Thoriq.

Dalam membina para santri di Ponpes An Nur, Abu Thoriq dibantu tiga orang. Masing-masing Ustadz Abdul Qohar, Ustadz Abdul Razak dan Ustadzah Ica Ayu Rahayu. Ustadzah Ica Ayu Rahayu sendiri di samping sebagai pengajar di Ponpes, ia juga mengajar mengaji ibu-ibu yang ada di Tompobulu.

(junaid ramadhan)

Check Also

Shalat Jumat Berjamaah di Masjid An- Nuur, Danny Ingatkan Jaga Ukhuwah Islamiyah

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto shalat Jumat berjamaah di Masjid An-Nuur Jalan …

Loading...