Home / HUKUM & KIRIMINAL / Ditahan, Terdakwa Anggota TIM TP Ajukan Penangguhan Penahanan

Ditahan, Terdakwa Anggota TIM TP Ajukan Penangguhan Penahanan

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.COM —Terdakwa Jamil Hasyim, dalam kasus dugaan money politik berupa pembagian amplop yang berisi uang Rp. 50 ribu di Posko Induk Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Parepare, Taufan Pawe – Pangerang Rahim, mengajukan Permohonan Penangguhan Penahanan, selasa (5/6/2018).

Hal ini, diungkapkan oleh Penasehat Hukum Jamil, Guntur Parouki mengatakan Kita telah ajukan Surat Permohonan penangguhan Penahanan, sejak Kamis 31 Mei 2018, besok kita hadirkan Saksi meringankan, dan kami yakin jika Kasus Dugaan politik uang itu tidak seperti yang dialamatkan.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum, Idil menerangkan jika pihaknya melakukan penahanan terdakwa setelah menimbang guna percepatan persidangan, kalau surat yang dimasukkan berupa Penangguhan penahanan kami belum liat, karena itu wilayah Majelis Hakim.

Setelah pemeriksaan sejumlah Saksi dan pemeriksaan Terdakwa Pihaknya akan membacakan Tuntutan sesuai dengan Fakta persidangan yang ada, soal tuntutan kami menunggu hasil pemeriksaan baik saksi maupun keterangan Terdakwa, yang jelas kami siap bacakan nanti.

Sebelumnya, salah satu saksi yang dihadirkan di Persidangan, Jufriadi Yang notabenenya, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bacukiki, mengaku jika menghadirkan sejumlah Warga untuk hadir atas komunikasi dengan Ketua PAC ujung. Iye yang hadir bukan Kader PDIP.

Perlu diketahui, Jamil sendiri ditahan setelah Proses Tahap 2 pelimpahan Kejaksaan Negeri Parepare dari Penyidik Gakumdu dan tengah dititip di Rutan Kelas II kota Parepare. Jamil Hasyim diduga menyerahkan amplop putih berisi uang senilai Rp.50 Ribu, usai mengikuti rapat di Posko Induk TP.

Salah satu saksi R bersama warga CempaE lainnya, menghadiri rapat di Posko Induk TP setelah diajak salah satu Tim pemenangan TP di sekitar CempaE. Jamil sendiri ditahan sehari sebelum persidangan dijerat Pasal 187a ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016, dengan ancaman kurungan penjara minimal 36 bulan dan maksimal 72 bulan, atau denda minimal Rp.200 juta dan maksimal Rp.1 miliar.

Baca Juga : Putusan Bebas PN Siantar Terhadap Terdakwa Pembunuh Balita MS, Ciderai Harkat Martabat Anak

Terdakwa, Jamil Hasyim ini tercatat sebagai wakil Sekretaris DPC PDIP Perjuangan Kota Parepare, di Pengadilan Negeri Parepare Ia menunggu putusan kasus dugaan itu yang sementara dalam agenda pemeriksaan saksi didepan majelis Hakim yang dipimpin oleh Hj Andi Nurmawati, SH.,MH selaku ketua majelis hakim, Wakil Majelis Hakim Vidya Andini Tuppu dan Nofan Hidayat.

Terdakwa, Jamil Hasyim diduga menyerahkan amplop putih berisi uang senilai Rp.50 Ribu, usai mengikuti rapat di Posko Induk TP. Salah satu saksi R bersama warga CempaE lainnya, menghadiri rapat di Posko Induk TP setelah diajak salah satu Tim pemenangan TP di sekitar CempaE. (Sis)

Check Also

Belum Sehari, Pelaku Pembusuran Di Barukan Akhirnya Diringkus

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Dua pelaku penganiayaan menggunakan busur akhirnya diringkus Tim Opsnal Polsek Ujung Tanah yang …

Loading...