Home / HUKUM & KIRIMINAL / JPU Tuntut Terdakwa Money Politik Parepare Selama 42, Subsider 1 Bulan Kurungan

JPU Tuntut Terdakwa Money Politik Parepare Selama 42, Subsider 1 Bulan Kurungan

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.COM — Sidang Kasus Pidana Money Politik yang bergulir diPengadilan Negeri Parepare dalam agenda Pembacaan Tuntutan oleh Penuntut Umum, terdakwa Jamil Hasyim dalam kasus dugaan money politik berupa pembagian amplop yang berisi uang Rp. 50 ribu di Posko Induk Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Parepare, Taufan Pawe – Pangerang Rahim, rabu (6/6/2018).

Jaksa Penuntut Umum, Idil mengatakan “kami tidak menemukan alasan pemaaf dan pembenar yang dapat menghapus kesalahan dari terdakwa. Selain itu, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam penyelenggaraan Pilkada yang jujur, bebas dan rahasia”.

“Berdasarkan fakta persidangan menuntut Terdakwa dengan Pasal 187a ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016 dan kami tuntut pidana penjara selama 42 bulan (3 tahun 6 bulan), dan denda sebesar Rp 200 juta, serta subsider 1 bulan kurungan. Tuntutan tersebut diberikan setelah mengikuti proses Sidang dengan mendengarkan para saksi dan alat bukti dan terdakwa tidak mengakui secara jujur perbuatannya”, sambung Idil.

Baca Juga : Ditahan, Terdakwa Anggota TIM TP Ajukan Penangguhan Penahanan

Sementara, salah seorang penasihat hukum terdakwa, Guntur Paroki mengemukakan pihaknya berkomitmen pembelaan akan selesai dibuat sebelum jam 2 siang, Secara pribadi, kami tidak menyangka terdakwa akan menerima tuntutan seperti yang dituntutkan. Karena semua saksi mengatakan bahwa itu biaya pengganti transportasi, dan kami sudah jelaskan bahwa beda biaya kampanye dan beda kegiatan partai.

“Sehingga, tuntutan tersebut sangat berat dan di luar perkiraan kami. Selain itu, keterangan saksi sangat meringankan terdakwa. Saya selaku penasihat hukum terdakwa, sangat optimis pembelaan yang akan diajukan, dapat diterima dengan mengingat adanya keterangan saksi fakta”, jelas Guntur. (Sis)

Check Also

Belum Sehari, Pelaku Pembusuran Di Barukan Akhirnya Diringkus

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Dua pelaku penganiayaan menggunakan busur akhirnya diringkus Tim Opsnal Polsek Ujung Tanah yang …

Loading...