Home / OLAHRAGA / Final Piala Dunia FIFA 1930 : Uruguay VS Argentina

Final Piala Dunia FIFA 1930 : Uruguay VS Argentina

KORANMAKASSARNEWS.COM — Final Piala Dunia FIFA 1930 adalah pertandingan final antara finalis Olimpiade 1928, Uruguay dan Argentina.

Pertandingan final dimainkan di Estadio Centenario pada tanggal 30 Juli. Gerbang stadion dibuka pada pukul delapan pagi, enam jam sebelum kick-off, dan pada siang hari sudah penuh, dengan resmi dihadiri 80,000 penonton. Sebuah ketidaksepakatan terjadi beberapa saat sebelum pertandingan ketika kedua tim tidak setuju dengan siapa yang menyediakan bola pada pertandingan, memaksa FIFA untuk campur tangan dan membuat kesepakatan; bola Argentina dipakai pada babak pertama dan bola Uruguay dipakai pada babak kedua.

Babak pertama Uruguay tertinggal 2-1, gol pertama dicetak pemain Uruguay Pablo Dorado di menit ke 12, Argentina kemudian membalasnya melalui Carlos Peucelle di menit ke 20 kemudian disusul Guilermo Stabile pada menit ke 37. Di Babak kedua Uruguay bangkit dengan menyarangkan dua gol melalui Santos Iriarte di menit 68 dan Hector Castro pada menit ke 89.

Baca Juga : Kalahkan Ekuador, Tim Tango Berpeluang Angkat Trofi di Piala Dunia Rusia

Pertandingan berakhir dengan skor 4-2 untuk Uruguay (setelah tertinggal 2-1 pada babak pertama) yang merupakan gelar berikutnya setelah memenangkan Olimpiade cabang sepak bola, ketika Jules Rimet mempersembahkan Trofi Piala Dunia, yang kemudian dinamai berdasarkan namanya. Keesokan harinya dinyatakan sebagai hari libur nasional di Uruguay; sementara itu di ibukota Argentina Buenos Aires seorang lelaki melempari batu kepada konsulat Uruguay.

Pemain terakhir dari final tersebut, Francisco Varallo (yang bermain sebagai striker untuk Argentina), meninggal dunia pada 30 Agustus 2010. (sumber : wikipedia)

Check Also

Petinju Sulsel Dulang 1 Emas, 3 Perak dan 3 Peruggu di Kejurnas Tinju PPLP di Bengkulu

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Abraham Masihor menjadi satu-satunya petinju Sulawsi Selatan (Sulsel) yang mampu meraih medali …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.