Home / NEWS / Bukan Acuan Resmi, KPU Parepare Pastikan Hitung Cepat di Website Berpotensi Besar Salah Input

Bukan Acuan Resmi, KPU Parepare Pastikan Hitung Cepat di Website Berpotensi Besar Salah Input

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare memberikan pernyataan bahwa hasil dari portal resmi KPU tentang hasil form C1 belum bersifat final, hasil hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare melalui website resminya, ternyata belum dinyatakan sebagai hasil akhir. Bahkan pihak KPU Parepare menegaskan bila memang memungkinkan terjadi kesalahan input, jumat (29/6/2018).

Hal ini dikemukakan langsung oleh Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah mengatakan adanya ketimpangan angka yang ada dalam website KPU atau portal KPU tentang hasil dari form C1, sifatnya belum final, angka tersebut pihaknya input dari form C1 yang diantarkan ke KPU Kota Parepare oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Di dalam form C1 tersebut masih ada angka yang tidak sinkron yang mungkin diakibatkan salah penjumlahan atau kurang cermat dalam menuliskan angka-angka tersebut yang dilakukan oleh KPPS. Proses Pembetulan dilakukan di Proses Rekap tingkat Kecamatan. Sehingga, hasil akhir atau final dari proses rekapitulasi perolehan suara pada pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Parepare berada diKPU Kota Parepare.

Lebih Nahdiyah menjelaskan Untuk hasil akhir atau finalnya ada di KPU Kota Parepare dari tanggal 4 hingga 6 Juli. Proses Pembetulan di tingkat Kecamatan pada saat rekapitulasi perolehan suara pilwalkot Parepare, di lakukan jika ada angka yang tidak seimbang. Sebagai contoh, jika jumlah yang hadir memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak sesuai dengan hasil perolehan dan jumlah surat suara yang clear coblos.

Baca Juga : Rekap Suara di Pisang Selatan, KoKo Jauh Tinggalkan Appi-Cicu

Jika tidak seimbang, maka dalam proses rekap tersebut akan dilakukan penelusuran kembali termasuk menghadirkan KPPS. Kenapa tidak seimbang antara jumlah pemilih yang hadir dengan jumlah perolehan surat suara atau clear coblos. Hasil yang ada pada portal website KPU republik Indonesia merupakan hasil real form C1 yang disetorkan ke KPU Kota Parepare. Sehingga, hasil dari portal website KPU Republik Indonesia belum sepenuhnya keputusan final.

Diketahui, pada portal website KPU republik Indonesia untuk pilwalkot Parepare pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Serentak tahun 2018. Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare nomor urut 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP-PR) dengan perolehan suara sebanyak 39.996 suara atau 51,22% dan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare nomor urut 2, Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS-AS) memperoleh suara sebanyak 38.098 suara atau 48,78% per hari ini. Hasil perolehan suara tersebut merupakan hasil dari 300 TPS yang tersebar di empat kecamatan, 22 kelurahan se-kota Parepare. (Sis)

Check Also

PGRI Kolut Akan Gelar Seminar Kependidikan dan Kelas Inspirasi Siswa

KOLAKA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Untuk memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru …

Loading...