Home / DAERAH / Pemda Torut Akan Pinjam 103 M dari Bank Sulselbar

Pemda Torut Akan Pinjam 103 M dari Bank Sulselbar

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Sudah defisit 2017 lalu, Pemda Toraja Utara akan menambah beban lagi dengan meminjam Rp103 M dari Bank Sulselbar. Bocoran ini diperoleh dari internal Pemda Torut, Sabtu malam (30/6/18). Rencana pinjaman itu didahului dengan pengajuan proposal ke pihak Bank Sulselbar.

Tujuan pinjaman antara lain untuk pembelian Hotel Marante sebanyak Rp52 M dan kebutuhan belanja infrastruktur sebesar Rp51 M. Khusus Hotel Marante, pinjamannya melalui Bupati Kala’tiku, sedang pinjaman belanja infrastruktur lewat Wabup Yosia Rinto Kadang.

Namun sebelum pinjaman direalisasi, Bupati Kala’ dikabarkan telah meminjam dana sebesar Rp52 M dari seseorang di Papua. Orang tersebut konon seorang pengusaha atau seorang kontraktor Toraja. Setelah dana pinjaman itu cair barulah dibayarkan kembali ke pengusaha tersebut.

baca juga : PHT Toraja Utara Membludak, Dewan Diminta Bertanggungjawab

Dana yang dipinjam dari pihak ketiga itu pengelolaannya melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Torut. Rencana semula pengelolaan dana tersebut melalui Bagian Umum Pemda setempat. Namun ketika Bupati Kala’ menawarkan, Kabag Umum Daniel P Kalua’ dikabarkan menolak.

Daniel sendiri ketika dikonfirmasi berulang-ulang, tidak dapat dihubungi. Dua nomor yang sering digunakan selalu tidak aktif. Jawabannya sejak Sabtu kemarin (30/6) hanya berbunyi ‘nomor yang anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan’. Begitu pula Bupati Kala’, dihubungi via WhatsApp tidak merespon.

Sisa pinjaman untuk infrastruktur konon akan dialokasikan untuk Rindingallo dan sekitarnya. (TimLiput)

Check Also

Kasek SMAN 2 Rantepao Diduga Pungut Dana dari Siswa

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Satu lagi tindakan diduga dilakukan pihak sekolah terkait pungutan kepada peserta didik. …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.