Home / DAERAH / Wabup Torut Buka Konsultasi Ranperda Penanggulangan Bencana

Wabup Torut Buka Konsultasi Ranperda Penanggulangan Bencana

RANTEPAO, KORANMAKASSARNEWS.com — Konsultasi publik rancangan peraturan daerah penanggulangan bencana daerah kabupaten Toraja Utara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, ST, Kamis (5/7/2018).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Toraja Utara ini dibacakan laporan panitia yang disampaikan oleh Kepala BPBD Kab. Torut Yorry R. Lesawengan.

baca juga : Wakil Bupati Yosia Wajibkan Apel Pagi kepada Para Pegawai di Toraja Utara

“Konsultasi ini merupakan tahapan yang harus dilalui sebelum ditetapkan jadi rancangan peraturan daerah (RANPERDA),” ungkap Yorry.

“Kami sudah melakukan konsultasi kepada dinas terkait, baik itu di tingkat DPRD Kab. Torut, biro hukum provinsi dan stakeholder (SKPD) terkait, demikian juga dengan para personil TNI serta para camat se-kabupaten toraja utara dan Ketua Pansus II DPRD Kab. Toraja Utara,” tambahnya.

Dalam sambutannya Wabup Torut Yosia Rinto Kadang menerangkan bahwa kabupaten Toraja Utara merupakan kawasan rawan bencana, oleh karena itu perlu kesiapan mental dan abdi untuk masyarakat dilandasi jiwa sosial bukan semata karena jabatan tetapi totalitas dalam melayani masyarakat kita sebab Tuhan mau menggunakan kita.

“Alat komunikasi harus standbye sebab antisipasi apabila ada yang membutuhkan pertolongan terkait bencana, pelayanan kepada masyarakat adalah yang utama, bagaimana bisa menjaga lingkungan masyarakat kita agar tidak terjadi bencana, terang Wabup Yosia.

“Sosialisasi memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkait bagaimana cara menanggulangi  bencana siap siaga saat bantuan lambat datang tentunya ini sangat penting dilaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat, ini tugas bersama jangan berfikir bahwa ini hanya tugas dari BPBD Kab. Torut namun ini tanggung jawab bersama dan seluruh dinas terkait serta masyarakat,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya Wabup Yosia berharap konsultasi publik ini diikuti dan dilaksanakan dengan baik. Kehadiran para peserta adalah merupakan kesiapan jiwa dalam mengayomi masyarakat.

(basry/kominfo turut)

 

Check Also

Kasek SMAN 2 Rantepao Diduga Pungut Dana dari Siswa

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Satu lagi tindakan diduga dilakukan pihak sekolah terkait pungutan kepada peserta didik. …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.