Home / SEJARAH / 10 Juli 1962 : Satelit Komunikasi Pertama di Dunia, Telstar, Diorbitkan ke Angkasa

10 Juli 1962 : Satelit Komunikasi Pertama di Dunia, Telstar, Diorbitkan ke Angkasa

KORANMAKASSARNEWS.COM — Telstar adalah serangkaian satelit komunikasi yang terdiri dari satelit Telstar 1 dan Telstar 2. Rangkaian satelit Telstar merupakan satelit yang menandakan era baru dalam komunikasi elektronik karena berhasil menyiarkan siaran televisi pertama di dunia. Telstar 1 diluncurkan pada 10 juli 1962 menggunakan roket Thor-Delta. Telstar 2 diluncurkan pada 7 Mei 1963. Meskipun Telstar 1 dan Telstar 2 sudah tidak beroperasi secara fungsional tetapi masih tetap mengorbit hingga Okteber 2013. Rangkaian satelit Telstar diluncurkan oleh NASA.

Telstar 1 diluncurkan pada 10 Juli 1962. Telstar diluncurkan untuk mengatasi kelemahan satelit Echo 1 yang diluncurkan oleh NASA. Telstar memiliki bobot 77 kg (170 pon). Dilengkapi dengan 3.600 solar sel yang berfungsi untuk membuat arus listrik dan mengisi baterai Nikel Cadmium pada satelit itu. Telstar 1 juga memiliki tidak kurang dari seribu transistor dan sebuah tabung penguat yang mampu memperkuat sinyal yang diterima dari Bumi hingga 10.000 kali lipat.

Beberapa jam setelah Telstar diluncurkan, siaran televisi langsung yang pertama kali di dunia dari stasiun bumi di Andover berhasil melintasi samudera Atlantik. Maka sejak saat itu manusia mulai memasuki era satelit komunikasi.

Telstar berhasil beroperasi hingga Februari 1963. Satelit ini berhenti beroperasi diperkirakan karena akibat dari radiasi pengujian senjata nuklir Amerika di atmosfer. Meskipun berhenti beroperasi, Teltsar masih mengorbit hingga tahun 2013. Kemudian pada tahun 1963, sebuah satelit yang lebih berat diluncurkan dan dinamakan Telstar 2. (sumber : wikipedia)

Check Also

20 Oktober 1964 : Sekretariat Bersama Golongan Karya (Golkar) Berdiri

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Pada tahun 1964 untuk menghadapi kekuatan PKI (dan Bung Karno), golongan militer, khususnya …

Loading...