Home / NEWS / IWO Harap Dewan Pers Mediasi Soal Pemblokiran Media Online di Makassar
Zulkifli Thahir Ketua IWO Sulsel saat berkunjung ke Dewan Pers di Jakarta

IWO Harap Dewan Pers Mediasi Soal Pemblokiran Media Online di Makassar

Zulkifli Thahir Ketua IWO Sulsel saat berkunjung ke Dewan Pers di Jakarta

MAKASSAR – Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulsel menerima aduan terkait pemblokiran media online yang berkantor di Makassar, Sulsel.

Media online tersebut yakni www.kabarnusantara.com yang diblokir oleh pihak Kominfo sejak 13 Juni 2018. Pimpinan perusahaan PT Indo Geo Resources (badan hukum www.kabarnusantara.com), Irfan Darmawan menyampaikan agar diberikan bantuan berupa mediasi dan mempertanyakan dasar Kominfo memblolir medianya.

“Kami keberatan atas pemblokiran media kami dan mempertanyakan dasar pemblokiran Kominfo,” kata Irfan kepada jajaran IWO Sulsel beberapa waktu lalu.

Sementara pimpinan redaksi Kabarnusantara.com, Arwan menyampaikan awal mula pemblokiran saat pemuatan pemberitaan soal Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Bupati Pandeglang. Yang belakangan itu adalah infomasi hoax atau tidak benar yang awalnya viral.

Kemudian, media ini ikut memuat berita dengan sumber salah satu mahasiswa yang menanggapi info Mentan dan Bupati Pandeglang yang di sebutkan menjalin hubungan.

“Dari info twitter itu, ditanggapi mahasiswa asal Pandeglang melalui rilis. Yang meminta agar Mentan dan Bupati Pandeglang mengklarifikasi jika info tersebut tidak benar. Selanjutnya kami terbitkan dan kami di blokir,” kata Arwan.

Ketua IWO Sulsel, Zulkifli Thahir menyampaikan telah melakukan koordinasi ke DPP IWO terkait aduan salah satu media online ini.

Baca Juga : IWO Bogor Pererat Silaturahim Usai Lebaran dan Pilkada 2018

“Saya kira yang paling tepat menangani persoalan ini adalah dewan pers. Jadi ke sanalah seharusnya mengadu. Nanti DP akan mengundang kedua pihak untuk penyelesaiannya. Begitu penyampaian DPP IWO ke IWO Sulsel,” kata Abang Chuleq sapaannya.

Ditambahkan Abang Chuleq, IWO akan terus berupaya membantu agar kejadian pemblokiran tersebut tidak akan terjadi lagi.

“Kominfo harus bijak melihat masalah serta diketahui oleh Dewan Pers jadi jangan langsung memblokir tanpa meminta klarifikasi terlebih dahulu baik ke media itu sendiri atau melalui organisasi pers serta dewan pers”, pungkasnya. (iwo)

Check Also

TMMD Gelar Turnamen Sepak Bola Antar Pelajar se-Kecamatan Malunda

MAJENE, KORANMAKASSARNEWS.COM — Pertandingan Sepak Bola antar TK, SD, SMP se-Kecamatan Malunda yang digelar tahun …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.