Home / DAERAH / Pengangkatan Kasek di Toraja Utara Belum Efektif, Ini Alasannya

Pengangkatan Kasek di Toraja Utara Belum Efektif, Ini Alasannya

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM — Mutasi dan pengangkatan Kepala Sekolah (Kasek) SD yang baru, tampaknya masih bermasalah. Buktinya, sampai sekarang, pelantikan dan serahterima baru dilaksanakan di kecamatan Rantepao. Belum ada di kecamatan lain. Pasalnya, seperti diberitakan beberapa media yang lalu, mutasi dan pengangkatan itu sendiri masih dianggap bermasalah.

Kondisi ini membuat proses pendidikan dan pelaksanaan program kegiatan agak terganggu. Ini karena tidak jelasnya pimpinan di sekolah. Selain itu, wibawa SK Bupati yang sudah mengangkat kasek baru tidak ada. Seperti yang terjadi di SDN 7 Nanggala. Kasek yang baru diangkat berdasarkan SK Bupati bernama Yuliana Pongborong belum menjalankan tugas atau belum efektif. Padahal, SK Pengangkatan yang bersangkutan seharusnya efektif sejak 16 Maret 2018. Apalagi, mulai Juni lalu, Yuliana sudah menerima gaji di kecamatan Nanggala dengan tunjangan selaku Kasek SDN 7 Nanggala.

“Saya bukannya tidak mau melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah yang baru berdasarkan SK Bupati, tapi karena kepala sekolahnya yang lama belum bersedia diganti. Dia minta bulan September baru saya masuk dengan alasan tinggal sebulan-dua bulan lagi dia pensiun. Dia juga bilang istrinya sepupu dengan bupati, saya bilang tidak bisa bawa-bawa nama keluarga karena ini SK,” ujar Yuliana kepada awak media, via ponsel, Selasa malam tadi (10/7/18).

Setelah bertemu Kasek yang lama, Yunus Tato BA, Senin kemarin (9/7), Yuliana bermaksud menemui Bupati Kala’ dengan mendatangi kantor bupati. Namun sampai di kantor bupati, orang nomor 1 di Torut itu tidak berada di tempat. Dia lalu menemui Wabup Yosia Rinto Kadang dan menyampaikan tentang SK pengangkatannya.

Baca Juga : Bupati Torut Membuka Resmi Explore Toraja Utara Part-2

Wabup, menurut Yuliana, memintanya menemui Sekretaris Disdik, Daniel Silambi. Namun, Senin kemarin (9/7/18), Daniel belum merespon karena ia sedang bersiap menuju Pangala’ untuk menghadiri upacara Hari Pongtiku. “Saya juga pusing dengan urusan sekolah kamu, nantilah kalau saya pulang ya,” tutur Yuliana mengutip omongan Daniel.

Pengawas Sekolah, Drs Matius Nono, ketika dihubungi via telepon, malam ini, mengatakan, masalah kasek itu tidak hanya terjadi di kecamatan Nanggala tapi di seluruh Toraja Utara kecuali Rantepao.

“Bukan hanya di SDN 7 Nanggala tapi hampir semua. Kan sampai sekarang belum ada pelantikan dan serahterima, makanya kasek yang lama masih bertahan. Pelantikan dan serahterima kan tergantung bapak-bapak kita di atas kapan dilaksanakan,” ungkapnya. (Tom)

Check Also

Pendamping Desa : Musdes RKPDes 2019 Sinjai Selatan Sudah di Laksanakan

Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa Songing Tahun 2019, Jumat 13 Juli 2018 SINJAI, KORANMAKASSARNEWS.COM—Musyawarah …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.