Home / DAERAH / Marak, Tender Jalan dan Irigasi di Toraja Utara

Marak, Tender Jalan dan Irigasi di Toraja Utara

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM — Pelaksanaan tender pengadaan barang/jasa di Toraja Utara tahun ini menyita perhatian publik khususnya warga Toraja baik yang berada di dalam maupun di luar Toraja. Tidak ketinggalan LSM dan Media Massa, turut  memantau jalannya pelaksanaan tender tersebut.

Namun yang menarik dan aktual adalah tender jalan dan irigasi. Antara peserta dengan perusahaan masing-masing saling rebut untuk memenangkan tender. Sayang, kompetisinya terkesan tidak sehat. Disamping itu, ada indikasi pengkondisian peserta yang akan dimenangkan tanpa peduli memenuhi syarat atau tidak.  Juga tidak peduli harga penawaran yang diajukan layak atau tidak. Begitu pula, Pokja ULP selaku panitia tender terindikasi diintervensi pihak luar yang notabene penentu kebijakan di Toraja Utara. Ironisnya, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, terjadi tarik-ulur kepentingan antara petinggi Torut siapa yang akan dimenangkan.

Ya kalau memenuhi syarat dan harga penawarannya wajar dan layak. Tapi kalau tidak, akan jadi persoalan. Apalagi jika diantara perusahaan yang ikut tender ada yang bermasalah. Seperti terpantau pada paket Peningkatan Jalan Bangkelekila’-To’yasa senilai Rp7 M lebih. Meski bermasalah, PT Cendrawasih Persada Raya (CPR) milik Yohan Pongmasangka, diduga akan dimenangkan. Pokja ULP sendiri tampaknya tidak bisa berbuat banyak dalam menjalankan tugas mereka. Indikasi adanya campur-tangan pihak luar ini tampak dari cara ULP yang kerap merubah dengan mengulur-ulur waktu jadwal pembuktian tanpa alasan yang jelas.

Demikian pula pada tender irigasi, sedikit beda dengan jalan. Dugaan pengkondisian pemenang terasa aromanya. Gelagatnya terpantau di beberapa paket irigasi yang ada. Menariknya lagi, sejumlah oknum dewan turut meramaikan tender irigasi ini. Mereka memakai perusahaan pihak lain. Pada paket-paket Irigasi ini juga saling rebutan. Seperti paket Peningkatan DI To’wai Lembang La’bo’ Kecamatan Sanggalangi senilai Rp3,4 M lebih, Peningkatan DI Batu Alang Kelurahan Tikala Kecamatan Tikala senilai Rp2,2 M lebih,  Peningkatan DI  Pura Allo Kelurahan Tampo Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu senilai Rp2,4 M lebih, dan beberapa lagi yang lain.

baca juga : Pengangkatan Kasek di Toraja Utara Belum Efektif, Ini Alasannya

“Tidak ada masalah saling berebut asal kompetisinya sehat. Maksudnya kalau memang dokumennya lengkap sesuai yang disyaratkan dan harga penawarannya wajar dan dianggap layak apa salahnya, wajar saja dia menang. Sekalipun itu karena faktor kebetulan peserta tender itu ada kaitan misalnya dengan anggota dewan. Tapi ingat jangan sampai ada yang penawarannya terendah tapi tidak wajar kemudian diarahkan untuk menang ini yang tidak boleh,” ujar Thonny Panggua SH, seorang pengamat pengadaan barang/jasa di Toraja. Pandangannya ini disampaikan di Rantepao, Sabtu sore tadi (14/7), menanggapi pelaksanaan tender di Torut tahun ini. Thonny meminta Pokja ULP agar bekerja mandiri, independen, objektif dan tegas sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Kalau merasa ada beban karena misalnya ada intervensi dan tekanan dari pihak lain sekalipun itu misalnya bupati, wakil bupati dan pimpinan dewan atau siapapun ngomong saja, jangan dipendam. Atau tidak mau ditahu orang kalau membocorkan ya sampaikan saja secara silent ke LSM dan Media,” bebernya.

Terpisah, saat dihubungi via ponsel, malam ini, Kadis PU Aris Mantong mengatakan, pelaksanaan tender tetap pada koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku. Aris menolak anggapan yang mengatakan ada intervensi dan tekanan dari pihak luar.

“Panitia atau Pokja tetap bekerja sesuai kewenangannya tanpa campur-campur pihak luar. Aturannya jelas dan tegas,” tandas Kadis PU tersebut. Sedang terkait agenda pembuktikan dokumen, Aris mengatakan, dijadwalkan Senin 16 Juli. “Untuk pembuktian dijadwalkan hari Senin ini. Sudah jadwalnya itu,” sebutnya. (TimLiput)

Check Also

LSM Soroti Pungutan di SMAN 2 Toraja Utara

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Dugaan pungutan dengan modus sumbangan sukarela di SMA Negeri 2 Toraja Utara …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.