Home / SEJARAH / 15 Juli 1916 : Boeing Didirikan Dengan Nama Pacific Aero Products di Seattle.
Pendiri Boeing

15 Juli 1916 : Boeing Didirikan Dengan Nama Pacific Aero Products di Seattle.

Pendiri Boeing

KORANMAKASSARNEWS.COM — The Boeing Company (/ˈboʊ.ɪŋ/) adalah perusahaan multinasional yang merancang, memproduksi, dan menjual pesawat terbang, pesawat rotor, roket, dan satelit. Perusahaan ini juga menyediakan jasa penyewaan dan dukungan produk. Boeing adalah salah satu produsen pesawat terbesar dunia; juga kontraktor pertahanan terbesar kedua di dunia berdasarkan pendapatan tahun 2015, serta merupakan eksportir terbesar di Amerika Serikat berdasarkan nilai dolar. Saham Boeing adalah komponen dari Dow Jones Industrial Average.

Kantor pusat perusahaan The Boeing Company berlokasi di Chicago dan dipimpin oleh Presiden dan CEO Dennis Muilenburg. Boeing diorganisir menjadi lima divisi utama: Boeing Commercial Airplanes (BCA); Boeing Defense, Space & Security (BDS); Engineering, Operations & Technology; Boeing Capital; dan Boeing Shared Services Group. Pada tahun 2015, Boeing mencatat penjualan sebesar $96.11 milyar, menduduki peringkat ke-27 dalam daftar “Fortune 500” (2015) di majalah Fortune, peringkat ke-90 dalam daftar “Fortune Global 500” (2015), dan peringkat ke-27 dalam daftar “World’s Most Admired Companies” (“Perusahaan Paling Dikagumi di Dunia”) tahun 2015.

Pada bulan Maret 1910, William E. Boeing membeli galangan kapal Heath di Sungai Duwamish, Seattle, yang kemudian menjadi pabrik pesawat pertamanya. Boeing didirikan di Seattle oleh William Boeing, pada tanggal 15 Juli 1916, sebagai “Pacific Aero Products Co”. Boeing kemudian membentuk badan hukum di Delaware, sertifikat pendirian perusahaan yang asli diajukan ke Secretary of State of Delaware pada 19 Juli 1934. Boeing, yang kuliah di Universitas Yale, awalnya bekerja di industri kayu, di mana ia menjadi kaya dan belajar tentang struktur kayu. Pengetahuan ini terbukti sangat berharga dalam desain dan perakitan pesawat terbangnya. Perusahaan menetap di Seattle untuk mengambil manfaat dari pasokan lokal kayu cemara lokal.

William Boeing mendirikan perusahaannya beberapa bulan setelah penerbangan perdana salah satu dari dua pesawat amfibi “B&W” pada 15 Juni yang dibangun dengan bantuan dari George Conrad Westervelt, seorang insinyur Angkatan Laut AS. Boeing dan Westervelt memutuskan untuk membangun pesawat amfibi B&W setelah terbang dengan pesawat Curtiss. Boeing membeli pesawat amfibi Glenn Martin “Flying Birdcage” (disebut demikian karena semua kabel kawat memegangnya bersama-sama) dan diajarkan untuk terbang oleh Glenn Martin sendiri. Birdcage itu kemudian jatuh dan ketika Martin memberitahu Boeing bahwa suku cadang tidak akan tersedia untuk beberapa bulan, Boeing menyadari bahwa ia bisa membangun pesawat sendiri dalam waktu selama itu. Dia dan temannya, Cdr. G.C. Westervelt sepakat untuk membangun pesawat yang lebih baik dan segera memproduksi B&W Seaplane. Pesawat pertama Boeing ini dirakit di hanggar pinggir danau yang terletak di pantai timur laut dari Seattle Lake Union. Banyak dari pesawat awal Boeing merupakan pesawat amfibi.

Pada tanggal 6 April 1917, AS menyatakan perang kepada Jerman dan kemudian memasuki Perang Dunia I di tahun yang sama. Pada tanggal 9 Mei 1917, perusahaan ini menjadi “Boeing Airplane Company”. Dengan Amerika Serikat memasuki perang tersebut, Boeing tahu bahwa Angkatan Laut AS membutuhkan pesawat amfibi untuk pelatihan. Jadi, Boeing mengirimkan dua Model C baru ke Pensacola, Florida di mana pesawat-pesawat tersebut diterbangkan untuk Angkatan Laut. Angkatan Laut menyukai Model C dan memesan 50 unit lebih. Perusahaan ini memindahkan operasinya ke bekas fasilitas galangan kapal yang lebih besar yang dikenal sebagai Boeing Plant 1, terletak di Sungai Duwamish, negara bagian Washington.

Ketika Perang Dunia I berakhir pada tahun 1918, surplus besar membuat harga pesawat menjadi murah, pesawat militer bekas membanjiri pasar pesawat komersial, mencegah perusahaan-perusahaan pesawat menjual setiap pesawat baru, menyebabkan banyak perusahaan pesawat gulung tikar. Tetapi perusahaan lain, termasuk Boeing, mulai menjual produk lain. Boeing membuat meja rias, konter, dan perabotan, bersama dengan perahu layar berlambung datar yang disebut Sea Sleds.

Pada tahun 1919, Boeing B-1 melakukan penerbangan pertama. Ini adalah kapal boat terbang yang menampung satu pilot dan dua penumpang serta beberapa surat. Selama delapan tahun, pesawat ini melakukan penerbangan pos udara internasional dari Seattle ke Victoria, British Columbia. Pada tanggal 24 Mei 1920, Boeing Model 8 melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat itu adalah pesawat pertama yang terbang di atas Gunung Rainier.

Pada tahun 1923, Boeing memasuki persaingan menyaingi Curtiss untuk mengembangkan sebuah pesawat tempur pengejaran untuk Layanan Udara Angkatan Darat Amerika Serikat. Meskipun Curtiss menyelesaikan desain pertama dan dianugerahi kontrak, Boeing terus mengembangkan pesawat tempur PW-9-nya. Pesawat itu, bersama dengan pesawat tempur Boeing P-12/ F4B, membuat Boeing menjadi produsen pesawat tempur terkemuka selama dekade berikutnya.

Pada tahun 1925, Boeing membangun pesawat surat Model 40 untuk pemerintah Amerika Serikat untuk digunakan pada rute pos udara. Pada tahun 1927, sebuah versi yang ditingkatkan dari pesawat ini dibangun, Model 40A yang memenangkan kontrak Kantor Pos AS untuk mengantarkan surat antara San Francisco dan Chicago. Model 40A juga memiliki kabin penumpang yang menampung dua penumpang.

Pada tahun yang sama, Boeing menciptakan sebuah maskapai bernama Boeing Air Transport, yang merger setahun kemudian dengan Pacific Air Transport dan Boeing Airplane Company. Penerbangan pos udara pertama untuk maskapai itu adalah tanggal 1 Juli 1927. Perusahaan ini berganti nama menjadi United Aircraft and Transportasi Corporation di tahun 1929 dan mengakuisisi Pratt & Whitney, Hamilton Standard Propeller Company, dan Chance Vought. United Aircraft kemudian membeli National Air Transport pada tahun 1930.

Pada tanggal 27 Juli 1928, pesawat bersayap ganda Boeing 80 berkapasitas 12 penumpang melakukan penerbangan pertamanya. Dengan tiga mesin, pesawat itu menjadi pesawat pertama Boeing yang dibangun dengan tujuan tunggal menjadi angkutan penumpang. Versi yang ditingkatkan, 80A, membawa delapan belas penumpang, melakukan penerbangan perdana pada September 1929. (sumber : wikipedia)

Check Also

20 Agustus 2003 : Jembatan Suramadu Mulai Dibangun

KORANMAKASSARNEWS.COM — Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.