Home / POLITIK / Caleg RI Dapil 3, Harianto Oghie Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat Sulsel

Caleg RI Dapil 3, Harianto Oghie Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat Sulsel

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM – Harianto Oghie, calon legislatif untuk DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sulawesi Selatan menyatakan siap memperjuangkan aspirasi rakyat Sulsel bila nantinya mendapat dukungan untuk duduk sebagai anggota DPR RI.

Harianto mengungkapkan niatnya untuk maju semata-mata untuk membela hak-hak rakyat melalui jalur legislatif. Menurutnya, melalui wadah DPR, dirinya akan mampu memaksimalkan bantuan ke rakyat Sulsel sesuai yang dibutuhkan.

“Insya Allah saya niatkan berjuang untuk membela hak rakyat melalui DPR,” ungkap mantan Ketua PP Ansor ini.

Pria kelahiran Pinrang 28 Nopember 1967 ini caleg melalui Partai PKB dengan wilayah meliputi Kabupaten Wajo, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara dan Kota Palopo.

Harianto tidak asal maju, ia memiliki pengalaman mumpuni di bidang sosial kemasyarakatan dan organisasi. Di antaranya Dewan Instruktur Nasional PP GP Ansor 2016-2021, Ketua PP GP Ansor periode 2011-2016, Sekretaris PP LP Ma’arif NU Periode 2016 – 2020, Ketua DPP BKPRMI periode 2005 – 2009, Ketua DPP KNPI periode 2000 – 2003, dan Wakil Ketua PB PMII periode 1994 – 1997.

Selain itu alumni IAIN Alauddin Ujung Pandang ini pernah mengenyam pendidikan khusus (non formal), yakni Pendidikan Manajemen Kelembagaan di USA (The Institute for Training and Development, ITD) Massechussetd, Amherst 2007, Covey Leadership Center Indonesia On Becoming Proactive. Public Program, Franklin Covey Organization Services, 2002. Training, ”Political Strategy in Presidential Elections” Sponsored; International Republican Institute (IRI) 2003, serta Pelatihan Manajemen, “Peningkatan Partisipasi Politik Perempuan Akar Rumput dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah Menuju Kesetaraan Gender” 2003.

Harianto juga pernah tercatat sebagai Delegasi Pemuda Indonesia dalam Kunjungan ke Africa Selatan tahun 2007 dan Delegasi Pemuda Indonesia, dalam Forum Meeting Pemuda Asia di Bangkok Thailand tahun 1998.

Harianto pun aktif dalam bidang penulisan. Beberapa karya tulisnya di antaranya, (1) Zakat untuk Pengentasan Kemiskinan, HM.Subki Risya diterbitkan oleh LAZIS NU, tahun 2009, sebagai Editor. (2) Sketsa Gerakan ”Refleksi dan Otokritik” Pemuda Masjid, diterbitkan oleh Pustaka Wacana, tahun 2004, sebagai Penulis. Dan (3) Sejarah Perkembangan Pemikiran Intelektual Muslim Indonesia Pasca Kemerdekaan, Skripsi tahun 1992.

Harianto saat ini berkarier di Jakarta namun ia tak pernah melupakan kampung halamannya yang sejak SD hingga SMA dirinya mengenyam pendidikan di Pinrang.

Bagi Harianto, dinamika DPR cukup ia kuasai. Dia berpengalaman sebagai Staf Ahli Anggota DPD RI 2009 – 2014 dan Tenaga Ahli Anggota DPR RI tahun 2006 – 2009.

“Insya Allah saya bersama tim akan intens bersilaturahmi sekaligus sosialisasi dengan masyarakat Sulsel di wilayah Dapil 3. Mohon doa dan dukungannya,” ucap Harianto.

Check Also

Jubir Prabowo Sandi Sulsel Nilai Pemerintah Tidak Becus Mengelola Listrik

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM – Kejadian pemadaman listrik yang menimpa beberapa provinsi di bagian timur ini selama …

Loading...