Home / INFO KESEHATAN / Seks Saat Haid Membahayakan Pria dan Wanita

Seks Saat Haid Membahayakan Pria dan Wanita

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM–Seks menjadi aktivitas yang paling menyenangkan bagi banyak orang. Tak hanya nikmat, seks juga menyehatkan tubuh. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa melakukan hubungan seks sesuka hati. Ada juga waktu terlarang dalam berhubungan seks, seperti saat pasangan sedang menstruasi.

Menurut pakar seks dan terapis, Laura Berman, PhD, melakukan hubungan seks saat sedang haid bisa merugikan kesehatan, baik wanita maupun pria. Lantas apa akibat berhubungan saat haid bagi pria?

Bahaya Berhubungan Intim Saat Menstruasi

Berikut ini beberapa risiko yang dapat dialami kedua pasangan jika melakukan seks saat haid:

1. Penyakit menular seksual

Saat sedang haid, leher rahim akan terbuka sehingga mempermudah masuknya kuman dan bakteri bahkan bisa menyebar sampai ke rongga panggul. Akibat berhubungan intim saat haid pada pria berisiko tertular hepatitis dan HIV, begitupun pada wanita.

2. Infeksi

Normalnya, dinding vagina akan membengkak atau inflamasi saat mentruasi. Saat terjadi inflamasi, lapisan dinding rahim akan luruh bersamaan keluarnya darah haid. Darah inilah akan berpotendi menjadi media pengembangan bakteri dan kuman yang bisa mengakibatkan infeksi saluaran kencing, sperma dan prostat, efek bercinta saat haid bagi pria.

3. Endometriosis

Berhubungan seks saat haid bisa menyebabkan aliran balik darah haid dari rahim ke saluran indung telur dan masuk ke dinding perut. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya endometriosis, yakni pertumbuhan sel-sel di luar dinding rahim (endometrium). Bahaya berhubungan intim saat haid bagi pria berisiko mengalami infeksi, begitupun pada wanita.

4. Sudden Death

Bahaya berhubungan saat haid bagi pria, gerakan penis saat berhubungan seks juga dapat menyebabkan gelembung udara ke pembuluh darah yang terbuka. Bila gelembung udara atau emboli masuk ke dalam pembuluh darah maka bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan kematian mendadak.

Seks Saat Menstruasi Meningkatkan Risiko IMS Dan Penyakit Lainnya

Satu hal yang perlu Anda ingat, bagaimanapun, bahwa risiko tertular atau lewat nfeksi menular seksual (IMS) sedikit lebih tinggi selama menstruasi. Ini bekerja dengan dua cara – jadi seorang laki-laki ke perempuan dan juga perempuan untuk melakukan penularan IMS dapat terjadi dengan lebih mudah. Itu karena darah dan cairan tambahan hadir di vagina wanita selama bulan ini.

Serviks juga berisiko saat menstruasi, membuat pasangan berisiko tertular penyakit yang ditularkan melalui darah seperti hepatitis atau HIV. Infeksi jamur dan bakteri juga menjadi lebih mungkin karena perubahan pH vagina menjadi kurang asam dari biasanya

Pencegahan Saat Melakukan Hubungan Seks Selama Menstruasi

Jika Anda melakukan hubungan intim setiap bulan, lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi pasangan dan diri Anda dari tertular IMS, HIV, atau hamil. Berikut pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  1. Sering mengganti pembalut atau tampon untuk mencegah penumpukan bakteri selama menstruasi, terutama jika Anda berencana untuk berhubungan seks.
  2. Gunakan kondom wanita, cangkir menstruasi atau kondom pria untuk mencegah pertukaran langsung cairan tubuh di antara kedua pasangan. Pilih cangkir menstruasi sekali pakai yang lebih lentur. Jangan gunakan yang dapat digunakan kembali, yang lebih sulit dan bahkan dapat melukai pasangan Anda.
  3. Mandi dan bersihkan sebelum melakukan hubungan intim
  4. Lumasi dengan baik sebelum dan buang air kecil tepat setelah hubungan seksual untuk mengusir bakteri yang mungkin telah berpindah ke kandung kemih.
  5. Sediakan kain lap di dekatnya untuk membersihkan kotoran dan taruh handuk penyerap berwarna gelap di tempat tidur.
  6. Tetaplah berpegang pada posisi misionaris dengan pria di atas untuk meminimalkan kekacauan. (sumber: doktersehat.com)

Check Also

Peringatan Bukan Kesehatan Gigi Nasional, Pepsodent Ajak Masyarakat Lindungi Gigi Keluarga Dari Resiko Gula

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Produksi salah satu dari PT. Unilever Indonesia Tbk, Pepsodent berkerjasama dengan Persatuan …

Loading...