Home / BALAIKOTA / Ini Persiapan Pemkot Makassar Hadapi Jalan Sehat Bareng Presiden Jokowi

Ini Persiapan Pemkot Makassar Hadapi Jalan Sehat Bareng Presiden Jokowi

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Walikota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengundang seluruh pejabat jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, untuk rapat koordinasi di Aula Amirullah, Jumat, (27/7/2018).

Ada 4 agenda besar Pemkot yang dikoordinasikan, yakni, persiapan Shalat Gerhana Bulan, Gerakan Makassar Shalat Subuh Berjamaah, Jalan Sehat Sahabat Rakyat Indonesia bersama Presiden Jokowi, dan Penyambutan Obor Asian Games.

“Kita akan memperlihatkan totalitas kita dan bagaimana kesiapan Makassar menyambut agenda-agenda besar seperti ini,” kata Danny Pomanto.

Khusus pada agenda Jalan Sehat yang akan berlangsung 29 Juli 2018 besok, beberapa hal yang dibicarakan dalam rapat koordinasi ini di antaranya, pengaturan parkir, jalur-jalur yang akan dilalui ke lokasi, dan yang paling penting adalah kebersihan lokasi, baik sebelum maupun sesudah acara.

Dari estimasi peserta yang diperkirakan hingga 400ribu masyarakat ini, Danny berharap petugas kebersihan mengambil barisan paling belakang.

“Jadi ekor terakhir dari peserta Jalan Sehat ini adalah pasukan orange (Satgas Kebersihan) yang dilengkapi kantong kresek hitam. Jadi sambil jalan sembari memungut sampah-sampah yang ada, lalu disusul oleh mobil sweeper yang kita miliki,” terangnya.

Sementara itu, jalur kedatangan (pintu masuk titik start) serta tempat parkir setiap wilayah juga telah diatur sedemikian rupa. Harapannya agar parkir kendaraan dan massa yang menuju titik start jalan santai ini bisa lebih tertib.

Adapun persiapan lainnya yang menjadi pendukung kegiatan, seperti kamera CCTV, Armada Pemadam Kebakaran, Mini ICCU, Ambulans, WC Umum, serta hiburan turut menjadi pembahasan untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan dan kesiapan sarana tersebut.

Dari laporan Kadis Kesehatan, Naisya Tun Azikin yang juga Plt Sekda Makassar bahwa pihaknya telah menyiapkan sebanyak 22 unit ambulans. Beberapa unit di-standby-kan di beberapa titik strategis, selebihnya di sebar ke jalur-jalur yang akan dilalui peserta jalan sehat.

“Untuk Mini ICCU kita pasang di dua titik yakni di Rujab Anging Mammriri (Rujab Wali Kota) dan di Lapangan Karebosi, di samping itu kita juga tempatkan beberapa posko kesehatan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi selama proses kegiatan,” ungkap Naisyah.

Jalan Sehat akan mengambil start pada pukul 06.00 WITA di depan Lapangan Hasanuddin serta finish di Lapangan Karebosi. Dari informasi yang dihimpun, selain Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kegiatan ini juga akan dihadiri 161 Kepala Daerah termasuk para gubernur terpilih di Pulau Jawa. (*)

Check Also

Tenri A Palallo : Jangan Jadi Pejabat Kalau Tidak Mau Diganggu Wartawan

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Mantan Kabag Humas yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak …

Loading...