Home / BALAIKOTA / Antisipasi Disdag Makassar, Menekan Harga Pangan Jelang Hari Raya Qurban

Antisipasi Disdag Makassar, Menekan Harga Pangan Jelang Hari Raya Qurban

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Jelang hari raya Qurban, pihak Dinas Perdagangan (Disdag) kota Makassar, intens melakukan pengawasan dan pengendalian harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional.

Disamping melakukan pemantauan harga rutin dua kali seminggu di 10 pasar besar kota Makassar, Disdag bersama Bank Indonesia (BI) juga dalam waktu dekat akan melakukan rapat evaluasi bersama SKPD yang masuk dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

“Sampai hari ini dari pengamatan kami di 10 pasar tradisional, harga harga masih terkendali,” Ucap Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Andi Muhammad Yasir, Rabu (01/08/2018).

Menurut data yang dihimpun oleh tim terpadu Disdag Makassar, menyebutkan walaupun beberapa minggu harga harga mengalami kenaikan namun minggu ini harga sejumlah komoditi di pasar terus mengalami penurunan. Antara lain, harga Beras Kepala berada dikisaran Rp10 Ribu per kilogram, Telur Rp 42 Ribu per rak, Daging ayam Rp 36 Ribu per kilogram, Minyak goreng Rp 11 Ribu per Liter, Cabe merah Rp 37 Ribu per kilogram.

“Kita mengharapkan harga tetap stabil, dengan terus melakukan pengawasan bersama pihak terkait. Jika ada ditemukan pedagang yang memonopoli baik menimbun maupun memainkan harga, akan segera ditindaki oleh satgas pangan dalam hal ini Polda Sulsel.” Tandasnya.

Baca Juga : https://koranmakassarnews.com/2018/08/01/ultah-94-pdam-makassar-akan-launching-sejumlah-proyek-strategis/

Muh Yasir tidak menampik jika jelang lebaran biasanya beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, utamanya Cabai, tomat, telur dan daging, untuk itu perlunya keterlibatan semua pihak terkait,

“Untuk mengendalikan harga harga, tidak cukup hanya dari Pemerintah kota Makassar saja tetapi harus melibatkan Dinas terkait tingkat Provinsi,” Pungkas mantan menjabat Sekda Makassar ini.

Diketahui sebelumnya kota Makassar meraih predikat kota metropolitan pengendalian inflasi terbaik di Indonesia, hal ini membuktikan keseriusan pemerintah kota dalam menekan harga harga dipasaran yang tentunya berdampak pada peningkatan daya beli masyarakat. (Ilham)

Check Also

Danny Resmikan Koperasi Makassar Harapan dan Kantor FPS Dinsos

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, menghadiri sekaligus meresmikan kantor Sekretariat Forum Peduli …

Loading...