Home / EKOBIS / Semarak Agustus, Alumni SMAN 9 Makassar Rame-Rame Buka Warkop RRI

Semarak Agustus, Alumni SMAN 9 Makassar Rame-Rame Buka Warkop RRI

FOTO : Wakil Walikota Makassar DR. Syamsul Rizal, M.Si bersama Pengurus dan Alumni SMA 9 Makassar di Warkop RRI Makassar.

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Bulan Agustus memang identik dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Seiring dengan semarak bulan Agustus tersebut, Ikatan Alumni (IKA) SMAN 9 Makassar kembali mencoba merilis sebuah kegiatan dan bisnis baru yang dikemas dalam konsep Warkop RRI sebagai singkatan Reunian Rumah IKA-SMAN 9 Makassar. Letaknya yang strategis berlokasi di jalan raya Aroepala (Hertasning Baru), menjadikan bisnis/usaha ini memiliki potensi untuk berkembang sebagai warung kopi “khas” NKRI.

Menjamurnya bisnis/usaha Warung Kopi di kota Makassar menjadi alasan utama bagi Alumni MAN 9 Makassar untuk lebih tertarik menjalankan bisnis warkop dengan memulainya dari usaha skala kecil.

Alasannya beragam, tiada lain karena banyak orang yang terlibat dalam usaha kecil dan Usaha-usaha kecil menghasilkan kelompok “senasib”, yang bisa sangat vokal dan besar, sehingga secara politis tidak mungkin diabaikan Usaha kecil menawarkan banyak kesempatan kerja bagi seluruh alumni ke depan.

Menurut Ketua IKA Bachnard B Abdullah bahwa bisnis Warkop RRI dibangun tidak semata-mata atas dasar profit oriented, tapi yang terpenting adalah kembalinya rasa NKRI dan persaudaraan antar alumni, sehingga menjadi ikatan yang kuat dalam informasi dan koordinasi bagi seluruh alumni SMAN 9 Makassar. Kamis, (2/8/2018)

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Walikota Makassar DR. Syamsul Risal, M.Si yang akrab disapa “deng Ical”, bersama A. Ervan Burhanuddin, M.Si selaku Pendamping KUMKM dan Pengurus Forum CSR-Kesos Provinsi Sulawesi Selatan.

Di tengah para Pengurus dan Alumni IKA SMAN 9 Makassar, deng Ical menegaskan bahwa hadirnya Warkop RRI ini perlu mendapat apresiasi bagi alumni, karena sudah banyak program dan gagasan membangun Makassar, semuanya berawal dari sini.

“Usaha warkop yang tergolong baru ini, saya percaya dan yakin bahwa kemampuan alumni SMAN 9 Makassar di bidang wirausaha tidak dapat diragukan lagi dan dampaknya dapat menghasilkan sebuah efek domino bagi perubahan ekonomi dan social di kota Makassar khususnya dan provinsi Sulawesi Selatan pada umumnya,” Ucap Dg. Ical.

Kewirausahaan dalam kemasan dan selera “warung kopi” bagaikan sebuah kunci vital untuk membuka setiap potensi diri dan potensi ekonomi yang dimiliki setiap alumni. Melalui kewirausahaan akan memperkaya dan memperkuat masyarakat dan alumni agar mampu melewati perjalanan panjang menuju kemandirian dan meraih kehidupan yang mampu menjadi pembeda antar usaha yang sejenis.

Pemikiran ini mungkin terkesan ambisius, akan tetapi sebenarnya ini tidaklah seambisius seperti yang kita pikirkan. Karena dengan jiwa, pengetahuan dan keterampilan wirausaha yang kuat bagi para alumni di setiap angkatan, akhirnya akan membawa kepada kemandirian dan kesejahteraan.

Kemampuan usaha dan bisnis yang baik sudah dimiliki oleh para alumni SMAN 9 Makassar, hal menjadi modal sekaligus menjadi sumber pengetahuan yang dapat membuktikan proses berjalannya bisnis/usaha yang dijalankan. Kemampuan dalam menjalankan sebuah bisnis menunjukkan tingkat keterampilan yang diperoleh oleh seorang alumni dan wirausaha. (SMN)

Check Also

Cafe Rezki Rantepao Sajikan Kopi Berkualitas dengan Rasa Pas Mantap

RANTEPAO, KORANMAKASSARNEWS.com — Bila anda datang ke kota Rantepao dan ingin ngopi, anda tidak perlu …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.