Home / EDUKASI / Mahasiswa KKN PPM UNM Latih Warga Pinrang Buat Kripik Bonggol Pisang dan Souvenir Batok Kelapa

Mahasiswa KKN PPM UNM Latih Warga Pinrang Buat Kripik Bonggol Pisang dan Souvenir Batok Kelapa

PINRANG, KORANMAKASSARNEWS.COM — Mahasiswa KKN-PPM Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kursus dan Pelatihan Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal, Minggu (5/8/2018), di Bola Tudang Sipulung kelurahan Mamminasae Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Pada Pelatihan ini, Mahasiswa KKN-PPM UNM memberikan sebuah pelatihan pembuatan kripik bonggol pisang dan souvenir dari batok kelapa. Yang mana ini merupakan potensi lokal yang ada di kelurahan setempat.

Selaku Koordinator Kelurahan, Risman mengatakan: pelatihan ini merupakan salah satu program utama dari KKN-PPM UNM di Kelurahan Mamminasae.

baca juga : Berbekal Bahan Limbah, Mahasiswa KKN-PPM UNM Ajarkan Warga di Wajo Kerajinan Tangan

“Sebelum pelatihan ini, kami sejak awal telah melakukan observasi terkait potensi lokal yang ada di Kelurahan Mamminasae dan kami melihat bahwasanya potensi lokal yang ada adalah pada sektor pertanian dan perkebunan yakni banyaknya tanaman pisang dan kelapa, sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pembuatan kripik pisang dan souvenir dari batok kelapa.”Ujarnya

Kedepannya hasil dari pelatihan ini yang berupa kripik bonggol pisang dan souvenir akan dipasarkan/dijual di permandian air panas Sulili yang letaknya juga ada di kelurahan Mamminasae.

Salah satu peserta pelatihan, Ibu Sunarwati mengatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik karna mengangkat potensi lokal yang ada di daerah kami yang kemudian dapat lebih bermanfaat karna kita bisa kelolah dan kemudian kita pasarkan. “Ini juga bisa jadi peluang usaha”, tuturnya.

Pemerintah setempat dan warga sangat mendukung dan antusias mengikuti pelatihan yang diadakan oleh KKN-PPM UNM ini. (*)

Check Also

Peringati HUT RI ke-73, SDN Monginsidi II Gelar Porseni

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, SD Kompleks Monginsidi menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.