Home / SEJARAH / 6 Agustus 1890 : William Kemmler Menjadi Orang Pertama yang Dieksekusi dengan Kursi Listrik

6 Agustus 1890 : William Kemmler Menjadi Orang Pertama yang Dieksekusi dengan Kursi Listrik

KORANMAKASSARNEWS.COM — Kursi listrik adalah kursi yang dialiri arus listrik untuk mengeksekusi terpidana mati atau tahanan yang dijatuhi hukuman mati. Penggunaan kursi listrik untuk eksekusi terpidana mati ini lazim digunakan di Amerika Serikat, khususnya di negara bagian Alabama, South Carolina, dan Virginia, serta menjadi satu-satunya metode hukuman mati di negara bagian Nebraska.

Selain Itu,Kursi Listrik Juga Digunakan hanya di Nebraska saja.untuk melihat metode hukuman mati di Indonesia, lihat Suntik mati.

William Kemmler (lahir di Buffalo, 9 Mei 1860 – meninggal di Auburn, 6 Agustus 1890 pada umur 30 tahun) ialah orang pertama yang dihukum mati dengan kursi listrik. Hukuman mati tersebut dilaksanakan di Penjara Auburn pada pukul 7:00.

Ia telah membunuh pasangan kumpul kebonya Matilde “Tillie” Ziegler pada tanggal 29 Maret 1889 dengan kapak. Kata terakhir yang diucapkannya sebelum mati adalah “Jangan susah dan lakukan dengan benar, saya tidak cepat-cepat.” Setelah 2 kali dialiri setrum, Kemmler pun meninggal. (sumber : wikipedia)

Check Also

14 November 1945 : Pemerintah Keluarkan Maklumat Tentang Peralihan Sistem Pemerintahan

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM — Setelah Pemerintah Indonesia mengalami tentangan dari Kelompok Oposisi di KNI-P karena kurang …

Loading...