Home / BALAIKOTA / Aplikasi Kucata’ki Inovasi Disdukcapil kota Makassar, Pelaporan Berbasis Online

Aplikasi Kucata’ki Inovasi Disdukcapil kota Makassar, Pelaporan Berbasis Online

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, mengatakan Aplikasi Kucata’ki merupakan sistem pencatatan kependudukan berbasis online terkait kelahiran dan kematian.

Aplikasi ini menggunakan bahasa lokal Makassar yang berarti ‘pencatatan’. Bertujuan memberi kemudaham bagi masyarakat dalam pencatatan data kelahiran anak di setiap rumah sakit ibu dan anak (RSIA) dan Puskesmas pelayanan.

“Kita sudah bekerjasama dengan 11 RSIA Swasta dan 6 RS milik pemerintah serta Puskesmas Perawatan, kurang lebih total 26 unit pelayanan. Untuk terbitnya Akta kelahiran butuh waktu sekitar 3 hari kerja” Terang Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba, disela kegiatan Launching Aplikasi Kucata’ki, di Hotel Best Western Plus jalan Slt. Hasanuddin Makassar, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, juga fungsi pelaporan secara online dari kelurahan terkait kematian,

“Kita ketahui bersama bahwa aturan pemerintah kota bagi setiap warga yang meninggal memerlukan surat keterangan dari kelurahan dan data itu terkadang tidak sampai ke Disdukcapil, sehingga adanya Aplikasi ini akan membantu kelurahan untuk melaporkan data warganya yang sudah meninggal ke disdukcapil.” lanjutnya.

Baca Juga : https://koranmakassarnews.com/2018/08/08/zulkifli-thahir-mengulas-peran-media-mengenal-dan-cara-menangkal-berita-hoax/

Nielma mengakui, sudah melakukan pelatihan terhadap kurang lebih 70 staf kelurahan yang bertujuan memperbaiki data base kependudukan di level Kelurahan,

“Hal ini tentu saja berdampak pada kualitas demokrasi semakin bagus, apalagi pada masa masa pilkada, sudah tidak ada lagi data ganda nantinya.”

Lebih lanjut, Nielma mengatakan untuk semetara Aplikasi Kucata’ki tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum, namun dikhususkan bagi RSIA dan Puskesmas Pelayanan se kota Makassar. (Ilham)

Check Also

Kadis Sosial Makassar Pimpin Tim Gabungan Penertiban “Pak Ogah”

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Tim gabungan penertiban “pak ogah” di kota Makassar di pimpin langsung kepala Dinas …

Loading...