Home / BALAIKOTA / Jurnalisme Kemanusiaan, Obat Traumatik Bagi Korban Bencana

Jurnalisme Kemanusiaan, Obat Traumatik Bagi Korban Bencana

 

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.com—Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Makassar, menggelar pelatihan Jurnalistik kemanusiaan, di Hotel Asyira, Kamis (9/8/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh bagian humas SKPD Makassar dan insan media cetak, TV, Radio maupun online. Sebagai pembicara hadir Insan Pers dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jakarta Pos, dan Akademisi.

Dalam sambutan Wali kota Makassar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang III, Andi Takdir Alim Bahri, mengatakan bahwa profesi Jurnalis merupakan profesi yang menuntut kerja mengumpulkan informasi yang harus mengedepankan etika kemanusiaan.

“Berita berita yang mengedepankan etika sipakatau, sipakainge sesuai ajaran orang tua kita dulu seharusnya bisa menjadi pegangan jurnalisme untuk menyajikan informasi yang memanusiakan manusia.” ucap Takdir.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman Jurnalistik yang lebih spesifik bagi bagian kehumasan dan teman teman Media, yakni bagaimana memanusiakan manusia, dalam artian bahwa sisi kemanusiaan tidak bisa lepas dari proses pemberitaan,

Ketua AJI Makassar, Qodriansyah Agam Sofyan, mengatakan dewasa ini media menyajikan pemberitaan suatu bencana kebanyakan hanya mengangkat sisi peristiwanya bukan sisi kemanusiaannya.

Baca Juga : https://koranmakassarnews.com/2018/08/08/zulkifli-thahir-mengulas-peran-media-mengenal-dan-cara-menangkal-berita-hoax

“Jurnalisme Kemanusiaan merupakan tulisan yang mengobati traumatik korban dalam sebuah peristiwa bencana,”

“Seperti bencana Gempa di Lombok baru baru ini terjadi, kebanyakan media mengangkat berita peristiwa, padahal ketika ada peristiwa bencana alam, konflik ataupun kondisi sosial masyarakat, mengangkat sisi kemanusiaan korban bisa membantu mengobati traumatik korban.” jelas Agam.

Selain membahas Jurnalisme Kemanusiaan, beberapa isu hangat terkait Etika dan UU pers no 40 tahun 1999 juga dibahas pada pelatihan ini. (Ilham)

Check Also

Wali Kota Danny, Pangdam XIV Hasanuddin dan Bupati Gowa Lakukan Kerjasama Pemeliharaan Kanal

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara balai …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.