Home / DAERAH / Harga Tidak Jelas Dari Pemerintah, Petani Rumput Laut di Maros Kadang Rugi

Harga Tidak Jelas Dari Pemerintah, Petani Rumput Laut di Maros Kadang Rugi

MAROS, KORANMAKASSARNEWS.COM– Rumput laut jenis gracilia atau biasa disebut dengan nama sango-sango kini menjadi komoditi andalan petani di desa minasa upa, kecamatan bontoa kabupaten Maros.

Sango-sango ini sudah mulai dibudidayakan oleh petani sejak tahun 2016 sebagai pengganti udang karena udang sudah dihinggapi penyakit sehingga susah dibudidayakan dan cenderung rugi.

Saat diwawancarai wartawan koranmakassarnews.com, Amriadi, selaku petani rumput laut, Sabtu (11/08/2018), mengatakan budidaya rumput laut sangat muda dikembangkan dan tidak membutuhkan banyak modal pada tahap perawatan bedah dengan udang .

“Kalau udang yang di budidaya modal harus besar dan proses perawatan harus dilakukan secara intens pergantian air dan kecermatan dalam kadar air garam yang ada di empang dan resiko kegagalan sangat besar.

Baca juga : UMKM Naik Kelas, Maros Sejahtera 2021

Cuma yang jadi masalah hari ini bagi petani rumput laut adalah tidak jelasnya harga yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga para pengepul seenaknya memainkan harga di petani. padahal rumput laut paling bagus di dunia ada di sulawesi selatan,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, harga rumput laut berada dikisaran Rp. 4.200 /kilo sekarang turun drastis menjadi Rp. 3.700/ kilo dengan alasan semua Pabrik di Kawasan penuh karena harus menampung rumput laut yang didatangkan dari Kalimantan dan Balikpapan.

“Secara otomatis, kami petani dari maros sangat dirugikan dengan banyaknya rumput laut dari luar, dimana peranan pemerintah yang membidangi perdagangan. Kenapa ini bisa terjadi, orang luar bebas menjual barangnya di sulawesi selatan dan mengorbankan kami sebagai petani lokal,” tutup Amriadi. (Aziz)

Check Also

Kasek SMAN 2 Rantepao Diduga Pungut Dana dari Siswa

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Satu lagi tindakan diduga dilakukan pihak sekolah terkait pungutan kepada peserta didik. …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.