Home / DAERAH / Mahasiswa KKN PPM UNM Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dan Penjernihan Air di Wajo

Mahasiswa KKN PPM UNM Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dan Penjernihan Air di Wajo

WAJO, KORANMAKASSARNEWS.COM– Salah satu program utama KKN PPM UNM Kecamatan Sabbangparu Kab. Wajo adalah penjernihan air dan pembuatan pupuk kompos. Program ini dipusatkan di Desa Tadangpalie dan Kelurahan Walennae, Minggu (12/8/2018) yang dihadiri oleh Masyarakat Tadangpalie dan sekitarnya terutama para kelompok tani.

Drs. Marsud Hamid, M. Kes selaku Dosen Pembimbing Lapangan berharap agar kegiatan ini dapat memberi manfaat, baik untuk lingkungan maupun untuk masyarakat.

“Kegiatan ini diberi nama Program Kemitraan Masyarakat dimana Mahasiswa dan warga saling berakselerasi dalam membangun kesejahteraan masyarakat. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk kehidupan yang lebih sehat dan penggunaan sumber daya yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan”. Ucap Marsud dalam sambutannya.

Baca juga : Mahasiswa KKN PPM Gelombang 99 UNHAS Gelar Lomba Miniatur Pinisi di Bulukumba

Senada dengan hal tersebut, Kepala Desa Tadangpalie, Panguriseng, sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih karena di Desa Tadangpalie ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari masih minim, rata-rata kualitas air tanah yang digunakan masih berbau dan berwarna kekuningan sehingga sangat dibutuhkan pelatihan penjernihan air.

Profesi warga setempat hampir seluruhnya sebagai petani sehingga kehadiran pupuk kompos ini, dapat menghemat pengeluaran para petani.

“Kami atas nama Pemerintah dan Masyarakat Tadangpalie sangat berterima kasih kepada Bapak Dosen Pembimbing Mahasiswa yang telah menempatkan programnya di Desa kami, karena memang program ini sangat dibutuhkan, baik penjernihan air maupun pembuatan pupuk kompos. Masyarakat Tadangpalie 90% lebih adalah petani, jadi program ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pembangunan Sumber Daya Manusia,” Pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan water filter untuk penjernihan air dan puluhan botol bakteri EM4 untuk pembuatan pupuk kompos dari Pelaksana KKN PPM kepada Pemerintah dan masyarakat Desa Tadangpalie. (*)

Check Also

Kasek SMAN 2 Rantepao Diduga Pungut Dana dari Siswa

TORAJA UTARA, KORANMAKASSARNEWS.COM– Satu lagi tindakan diduga dilakukan pihak sekolah terkait pungutan kepada peserta didik. …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.