Home / SEJARAH / 21 Agustus 1945 : Indonesia Berhasil Merebut Angkatan Laut Dari Jepang dan Diperingati Sebagai Hari Maritim Nasional

21 Agustus 1945 : Indonesia Berhasil Merebut Angkatan Laut Dari Jepang dan Diperingati Sebagai Hari Maritim Nasional

KORANMAKASSARNEWS.COM — Seperti yang kita tahu, bahwa bulan Agustus ini selalu menjadi bulan spesial bagi bangsa Indonesia, euforia hari kemerdekaan dengan segala kemeriahan perayaan 17-an menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu masyarakat kita ini, namun dalam catatan sejarahnya, Agustus juga menjadi bulan penuh perjuangan dalam hampir semua sektor untuk memperoleh kedaulatan bangsa yang diakui, temasuk Angkatan Laut Indonesia.
Hari ini tepat 21 Agustus juga diperingati sebagai hari maritim nasional, meski tak ada perayaan semewah 17-an, namun sebagai bangsa dengan garis pantai terpanjang dan 70% wilayahnya adalah perairan, hari maritim nasional merupakan perayaan yang tidak kalah penting untuk diingat.
Bukan tanpa alasan mengapa tanggal tersebut dipilih, karena tepat pada 21 Agustus 1945 angkatan laut Indonesia berhasil merebut kembali kedaulatan laut Indonesia dari cengkraman Jepang saat itu.
Sejarah kemaritiman Indonesia merupakan sejarah yang panjang, bahkan sudah dimulai sejak masa kerajaan tradisional, dimana kepulauan Nusantara banyak dijadikan sebagai acuan pelabuhan serta jalur perdagangan Internasional, maka tak mengherankan bisa banyak negara yang melakukan ekspansi jalur laut datang ke kepulauan Nusantara. Sejarah kemaritiman yang besar diawali dari kerajaan Sriwijaya, yang pelabuhannya banyak digunakan sebagai tempat transit bagi pedagang dari barat (India) yang ingin menuju timur (Cina) atau sebaliknya.
Sedang pada era kerajaan Islam, kita mengenal kesultanan Banten. Kesultanan Banten memiliki kota pelabuhan yang banyak disinggahi pedagang dari Eropa, Timur Tengah, India, dan Cina dikarenakan sarana serta pra-sarana yang sangat memadai di masa tersebut. Kota pelabuhan tersebut tidak lain adalah kota Jayakarta yang menjadi cikal bakal kota Jakarta, ibukota Indonesia saat ini
Juga berlaku pada masa Hindia Belanda, di mana dalam menjalankan berbagai aktivitas perdagangan dan pengiriman barang ke Belanda, mengandalkan jalur laut, sektor kemaritiman menjadi salah satu transfortasi penunjang untuk Belanda melakukan ‘pengerukan’ berbagai kebutuhannya. Maka tidak salah jika ketika Jepang datang, angkatan laut menjadi salah satu yang amat diperhitungkan untuk melancarkan rencananya dalam berperang.
Setelah Indonesia merdeka, hampir semua sektor yang dikuasi Jepang diambil alih, termasuk sektor maritim yang baru bisa diambil alih empat hari sesudah didengungkannya proklamasi, maka pemerintah pun menetapkan 21 Agustus sebagai hari maritim nasional sebagai bentuk refleksi akan pentingnya sektor maritim di Indonesia. (sumber : https://kumparan.com/)

Check Also

20 September 1187 : Sultan Salahuddin al-Ayyubi Mengepung Kota Yerusalem

KORANMAKASSARNEWS.COM — Pengepungan Yerusalem adalah sebuah pertempuran yang terjadi pada tanggal 20 September sampai 2 …

Loading...