Home / SEJARAH / Tanggal 14 September 1960 :Sejarah Berdirinya OPEC

Tanggal 14 September 1960 :Sejarah Berdirinya OPEC

MAKASSAR, KORANMAKASSARNEWS.COM– OPEC didirikan pada tanggal 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Kemudian di pindahkan ke Wina, Austria pada tanggal 1 September 1965. Venezuela merupakan negara pertama yang memprakarsai penyusunan OPEC dengan cara mendekati negara Gabon, Iran, Libya, Saudi Arabia dan Kuwait pada tahun 1949.

Venezuela yakni negara pertama yang memprakarsai penyusunan organisasi OPEC dengan mendekati Iran, Gabon, Libya, Kuwait dan Saudi Arabia pada tahun 1949, menyarankan mereka untuk menukar pandangan dan mengeksplorasi jalan lebar dan komunikasi yang lebih dekat antara negara-negara penghasil minyak. Pada 10 – 14 September 1960.

Atas gagasan dari Menteri Pertambangan dan Energi Venezuela Juan Pablo Pérez Alfonzo dan Menteri Pertambangan dan Energi Saudi Arabia Abdullah Al Tariki, pemerintahan Irak, Persia, Kuwait, Saudi Arabia dan Venezuela bertemu di Baghdad untuk mendiskusikan cara-cara untuk meningkatkan harga dari minyak mentah yang dihasilkan oleh masing-masing negara.

Baca juga : 13 September 2007 : Majelis Umum PBB Sahkan Deklarasi PBB Tentang Hak-Hak Penduduk Asli

OPEC didirikan di Baghdad, dicetuskan oleh satu hukum 1960 yang disusun oleh Presiden Amerika Dwight Eisenhower yang mendesak kuota dari impor minyak Venezuela dan Teluk Persia seperti industri minyak Kanada dan Mexico. Eisenhower membentuk keamanan nasional, akses darat persediaan energi, pada waktu perang.

Yang menurunkan harga dari minyak dunia di wilayah ini, Presiden Venezuela Romulo Betancourt bereaksi dengan berusaha membentuk aliansi dengan negara-negara Arab produsen minyak sebagai satu strategi untuk melindungi otonomi dan profabilitas dari minyak Venezuela. Sebagai hasilnya, OPEC didirikan untuk menggabungkan dan mengkoordinasi kebijakan-kebijakan dari negara-negara anggota sebagai kelanjutan dari yang telah dikerjakan.

Sejarah Berdirinya Opec (Organization Of The Petroleum Exporting Countries)

  1. Latar Belakang Terbentuknya OPEC

OPEC yakni organisasi antara pemerintah yang berdiri tahun 1960. Negara anggotanya yakni negara eksportir minyak yang dikala ini terdiri dari Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, Venezuela, Nigeria, Aljazair, Qatar, Libya, UAE dan Indonesia. Sebelumnya Equador, Gabon juga menjadi anggota tetapi kemudian keluar pada tahun 1992 dan 1994.

Berdirinya OPEC dipicu oleh keputusan sepihak dari perusahaan minyak multinasional (The Seven Sisters) tahun 1959/1960 yang menguasai industry minyak dan menetapkan harga di pasar internasional. “The Tripoli-Teheran Agreement” antara OPEC dan perusahaan swasta hal yang demikian pada tahun 1970 menempatkan OPEC secara penuh dalam menetapkan pasar minyak internasional. (Sumber : net)

Check Also

20 September 1187 : Sultan Salahuddin al-Ayyubi Mengepung Kota Yerusalem

KORANMAKASSARNEWS.COM — Pengepungan Yerusalem adalah sebuah pertempuran yang terjadi pada tanggal 20 September sampai 2 …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.