Home / PERISTIWA / Maros Berduka, Kehilangan Figur Puang Bohang Sebagai Tokoh Pembangunan

Maros Berduka, Kehilangan Figur Puang Bohang Sebagai Tokoh Pembangunan

MAROS, KORANMAKASSARNEWS.COM — Kota Maros baru saja menikmati keramaian malam Minggu, terutama dikawasan kuliner Kantor Bupati Maros. Malam semakin larut, hingga akhirnya pada pukul 00.10 WITA warga di kawasan Kassi Kebo Maros, tepatnya di Jalan Veteran 101 Maros mendengar kabar jika Puang Bohang demikian H.A. Burhanuddin PS disapa meninggal dunia seusai mendapat perawatan intensif akibat infeksi Arteri vascular di RS.Siloam dan RS. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Puang Bohang merupakan tokoh masyarakat di Maros, sebagai putra aseli Mallawa yang berjuang untuk pembangunan dan kemajuan daerah. Karena tekadnya yang kuat, setamat SMP beliau merantau seorang diri ke Kota Malang Jawa Timur untuk mengikuti pendidikan SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas). Kota Malang menjadi parameter dalam setiap aktivitas karirnya sebagai Pejabat/Kadis Peternakan Kabupaten Maros. Juara Nasional Percontohan Intensifikasi Ayam Buras (Intab) menjadi prestasi terbaik beliau saat berkiprah. Totalitas dalam berkarya menjadi ciri sosok H.A. Burhanuddin PS.

Berbagai upaya yang dilakukan dalam membangun ekonomi masyarakat di kabupaten Maros berbasis pertanian, dalam perkembangan karir dan pengabdiannya menghantarkan Puang Bohang masuk dalam jajaran anggota DPRD.

Kiprahnya di DPRD dan dunia politik membuat segala kebijakan pemerintah daerah kala itu, sangat berjalan efektif dan efisien hingga pembangunan Maros cukup dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat kecil. Sikap sederhana dan akomodatif terhadap seluruh kalangan, menghantarkan Puang Bohang menjabat DPRD selama 4 periode, dengan jabatan terakhir sebagai Ketua DPRD Kabupaten Maros.

baca juga : Dinas Pendidikan Berduka Atas Berpulangnya Plt Kepsek SMPN 5 Makassar

Sang guru, Puang Bohang kini sudah tiada. Kiranya akan hadir generasi-putra terbaik Maros yang akan meneruskan seluruh perjuangan beliau untuk Butta Salewangan. Ada nasehat yang disampaikan beliau sebelum meninggal yakni : “Bersikaplah Jujur untuk dirimu dan Allah SWT, karena sikap itu akan menghantarkanmu pada pengabdian dan kesuksesan”.

Acara pemakaman dilaksanakan minggu siang tadi (16/9/18) di pekuburan keluarga kecamatan Camba. Ratusan pelayat memadati masjid dan lokasi pemakaman. Masyarakat yang datang berasal dari berbagai daerah Maros, Camba, Mallawa dan Cenrana.

Selamat jalan Puang Bohang, semoga Allah SWT memberi tempat terbaik disisi-Nya, Amiin. (SMN)

Check Also

Ketua MPC Pemuda Pancasila Tangsel Intruksikan Anggotanya Menahan Diri

TANGSEL, KORANMAKASSARNEWS.COM — Aksi anarkis massa Forum Betawi Rempug (FBR) usai merayakan Milad ke 17 …

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.