Home / OPINI / OPINI : Rupiah Melemah, Peran Mahasiswa Harus Bagaimana?

OPINI : Rupiah Melemah, Peran Mahasiswa Harus Bagaimana?

Oleh :

Ketua PMII Cabang Makassar, Ashari Bahar

 

Perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina bereskalasi setelah amerika menerapkan bea masuk terhadap produk impor cina hal ini berdampak juga pada nilai tukar rupiah yang berubah setiap waktu berdasarkan keadaan perekonomian kedua negara ini, Bukan hanya Indonesia negara-negara asia khususnya negara berkembang mengalami hal yang sama.

Gerakan aksi jalanan bukan cara efektif dalam menjaga nilai tukar rupiah. Sebab nilai mata uang akan cenderung meningkat apabila permintaan lebih besar dari pasokan yang tersedia, sedangkan nilai mata uang akan menurun apabila permintaan kurang dari suplai yang tersedia. Permintaan dan penawaran akan selalu terjadi di setiap aktivitas bisnis sebuah negara, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk itu peran mahasiswa ada dimana?
Sebagai generasi muda, Mahasiswa harus menempatkan diri sebagai sarana perantara yang menjembatani masyarakat untuk mengikuti dan mendorong peningkatan ekonomi dalam negeri.

Ada beberapa hal kecil yang dapat kita lakukan sebagai kalangan mahasiswa untuk membantu menjaga nilai tukar rupiah:

Pertama, mensosialisasikan ke masyarakat untuk mengganti produk impor yang dikonsumsi dengan produk dalam negeri, baik dalam hal makanan, pakaian, dan lain-lain.

Kedua, membantu memberdayakan UMKM masyarakat untuk meningkatkan volume produksi dalam negeri.

Ketiga, menghemat sumber daya (BBM, listrik, air dll) untuk dialokasikan ke sektor industri supaya dapat meningkatkan prodiktivitas produk. Keempat, mengurangi transaksi dengan mata uang asing.

Walaupun pengaruhnya sedikit namun ini bisa membuat siklus perekonomian dalam negeri kita meningkat dan dengan tidak menganggu arus lalu lintas kita semua sudah membantu untuk menjalankan roda perekonomian, Dan sudah pasti membantu negara dalam penguatan nilai tukar rupiah.

Dengan demikian, Jika semua elemen negara berpartisipasi dengan baik maka bukan tidak mungkin Indonesia berkompetisi dalam segala aspek dengan negara lain.

Check Also

Liberalisasi di Sektor pendidikan adalah Bagian dari Liberalisasi Ekonomi, LMND : Kembali ke Pasal 33 UUD 1945

JAKARTA, KORANMAKASSARNEWS.com — Sesuai dengan amanah UUD 1945, bahwa Pendidikan adalah hak segala bangsa: mencerdaskan …

Loading...