Home / DAERAH / DPRD Parepare Sosialisasikan Perda Inisiatif Tentang Jalan

DPRD Parepare Sosialisasikan Perda Inisiatif Tentang Jalan

PAREPARE, KORANMAKASSARNEWS.COM– Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, menggelar sosialisasi Perda Pemerintah Kota Parepare Nomor 9 Tahun 2017 tentang Jalan, di Hotel Kenari Parepare, Sabtu (06/10/2018).

Ketua DPRD Parepare, Kaharuddin Kadir mengatakan, Perda tersebut merupakan inisiatif DPRD untuk melindungi masyarakat Parepare. Untuk meminimalisir adanya korban, sebab, hak masyarakat terkait jalan digunakan tidak pada peruntukannya.

Perda tersebut dibuat berdasarkan pengaduan masyarakat terkait pemanfaatan fungsi jalan. Selain itu, kedepannya pembangunan jalan harus mengacu pada Perda tersebut.

Sementara, Legislator Parepare dari Partai Golkar yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut, Minhajuddin Ahmad menjelaskan, Perda tersebut sangat akomodatif, menganut asas kemanfaatan dan keserasian. Berdasarkan sifat dan pergerakan pada lalu lintas, angkutan jalan, fungsi jalan dibedakan atas empat jenis yaitu, jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal dan jalan lingkungan. Jalan arteri atau jalan nasional,

Baca juga : Berikut Susunan Terbaru Komisi-komisi Di DPRD Parepare

Menurut Minhajuddin, Seharusnya tidak boleh ada parkiran sepanjang jalan tersebut, tidak boleh ada tenda kegiatan, sebab dilalui kecepatan tinggi. Sementara, katanya, jalan kolektor, atau jalan Provinsi, dilalui dengan kecepatan sedang, hanya saja di Parepare tidak ada jalan Provinsi.

Untuk jalan lokal sendiri yaitu jalan yang menghubungkan antara satu wilayah ke wilayah lain, dengan kecepatan rendah, dan jalan lingkungan sendiri merupakan jalan yang berada dalam lingkungan perumahan. (Sis)

Check Also

Sejumlah Pejabat di Wajo Gelar Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Empagae

WAJO, KORANMAKASSARNEWS.COM– Senin (19/11/2018), Kapolres Wajo AKBP Asep Marsel Suherman, bertindak sebagai Inspektur upara saat …

Loading...