Home / DAERAH / Antisipasi Kemungkinan Bencana, Kemen PUPR Gelar Desiminasi RTD Bendungan Passeloreng

Antisipasi Kemungkinan Bencana, Kemen PUPR Gelar Desiminasi RTD Bendungan Passeloreng

WAJO,KORANMAKASSARNEWS.COM—Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Kementrian PUPR laksanakan kegiatan Deseminasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Passeloreng Wajo, Kegiatan ini dibuka oleh Amiruddin Sekretaris Daerah kabupaten Wajo dikantor Bupati Wajo, Rabu (10/10/2018).

Dalam kegiatannya, Eko salah seorang Konsultan Bendungan Passeloreng mengatakan bahwa bendungan tersebut di desain dengan baik dan teliti untuk antisipasi ancaman Gempa.

“Bendungan Passeloreng kalau gempa skala richter 8 masih bisa tahan karena memang dirancang dengan teliti” Akunya

Akan tetapi, lebih jauh kata dia, aturan tentang keamanan bendungan untuk kesiap siagaan tindak darurat bila terjadi apa apa nantinya tetap perlu dipersiapkan

“Utamanya dibuatkan rencana tindak darurat bila seumpama terjadi sesuatu maka antisipasinya berupa kondisi abnormal kemudian status waspada dan selanjutnya status siaga dan yang paling akhir adalah status awas” jelasnya.

Baca Juga : Korban Gempa Palu Tiba di Wajo

Dalam Desiminasi tersebut juga dipaparkan simulasi tanggap darurat penanganan bila terjadi hal yang tidak di inginkan, sehingga bisa mengungsikan warga dengan aman bila terjadi banjir di passeloreng dengan jalan dibuatkan jalur evakuasi dengan aman dengan harapan dapat disosialisasikan dengan masyarakat di gilireng.

Turut hadir dalam acara tersebut Dinas PMD Wajo, Kasatpol PP, Sekretaris PSDA Wajo, dan Anggota DPRD Kabupaten Wajo. (*)

Check Also

Tim KARS – RI Kunjungi RSUD Lamaddukelleng Sengkang

WAJO, KORANMAKASSARNEWS.COM– Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) RI hari ini mengunjungi RSUD Lamaddukelleng Sengkang, Senin, …

Loading...